Nasional

Rute May Day di Jakarta 1 Mei 2016

Posted on

mixberita.com – Dalam peringatan Hari Buruh atau MayDay, pihak Polisi akan melakukan pengalihan arus lalu lintas di Jakarta. Peringatan tersebut akan jatuh pada hari Minggu, 1 Mei 2016. Pengalihan arus ini dilakukan agar massa buruh yang melakukan aksinya tersebut tidak memasuki kawasan Car Free Day (CFD).

Car Free Day sendiri digelar di Jalan Sudirman – Thamrin. Menurut keterangan dari Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya, Kombes Risyapudin, CFD tersebut berlaku mulai pukul 06.00 – 11.00 WIB. Pengalihan ini dilakukan karena peserta aksi MayDay tidak boleh melintasi kawasan CFD.

Risyapudin juga menjelaskan jika kendaraan para buruh yang datang dari Tol Cikampek dan Tol Jagorawi akan diarahkan untuk keluar melalui pintu tol Tegal Parang. Sedangkan rombongan kendaraan buruh yang ingin ke IRTI Monas akan diarahkan melaewati kawasan Jalan Kuningan, Jakarta Selatan.

Untuk kendaraan para buruh dalam aksi MayDay ini yang akan datang dari kawasan Tangerang dan Banten akan diarahkan untuk melintasi jalur Tol Tomang dan akan dikawal sampai menuju kawasan Monas yang terletak di Jakarta Pusat.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah titik untuk tempat parkir kendaraan para buruh yang akan berunjuk rasa tersebut. lokasi parkir yang telah disiapkan antara lain kawasan Masjid Istiqlal, Monas, Gambir, Lapangan Banteng dan juga Parkir Timur Senayan.

Selain dikawasan tersebut, rencananya para buruh juga akan berkumpul di Stadion Gelora Bung Karno Senayan. Di lokasi tersebut rencananya akan disediakan hiburan seperi musik untuk para buruh yang mengikuti aksi unjuk rasa MayDay tersebut.

Jumlag masa yang akan mengikuti MayDay ini sekitar 50.600 orang. Bukan hanya dari wilayah Jakarta, massa buruh juga datang dari Bogor, Bandung, Tangerang, Cirebon, Bekasi, Cilegon, Depok, Subang, Purwakarta, dan juga Karawang.

Untuk melakukan antisipasi terhadap hal – hal yang tidak diinginkan, personel gabungan dengan jumlah 16.843 yang terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP dan juga Dinas Perhubungan telah disiagakan untuk atisipasi dalam peringatan MayDay 2016 ini.

Terbanyak Dibaca

Exit mobile version