Nasional

Zaskia Gotik Jawab 17 Pertanyaan Penyidik

31 maret 2016

Zaskia Gotik Jawab 17 Pertanyaan Penyidik

Zaskia Gotik saat diperiksa di Polri 31 maret 2016

Kuasa hukum Zaskia Gotik, Eddy Ribut, menyatakan bahwa dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Zaskia telah menjawab kurang lebih 17 pertanyaan yang dilontarkan oleh pihak penyidik. Pertanyaan tersebut meliputi pertanyaan yang terkait dengan tanggal kemerdekaan Indonesia dan bebek nungging.

“Jadi tadi ada beberapa pertanyaan, kurang lebih ada 17 pertanyaan yang sudah dipertanyakan oleh penyidik kepada Neng Zaskia Gotik dan sudah dijawab. Pertanyaannya adalah seputar mengenai dugaan, belum pelaku ya. Ini hanya dugaan. Terbukti atau tidaknya nanti proses penyelidikan yang dilakukan penyelidik kepolisian itu yang nantinya akan menentukan. Apakah dalam proses penyelidikan ini ada ditemukan unsur-unsur delik. Ada unsur-unsur tindakan pidana terhadap dugaan pelanggaran, atau penghinaan terhadap lambang negara ini. Dan tadi sudah dijawab secara detail dan konkret. Ada dua pertanyaan esensi pokok, yaitu terkait tanggal 17 agustus hari kemerdekaan Indonesia dan mengenai bebek nungging,” ujar Eddy ditemui di Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya.

 

Dalam wawancaranya kepada awak media, Eddy sempat menjelaskan mengenai insiden acara televisi tersebut. Menurutnya sebagai seorang bintang tamu disebuah acara hiburan, tentunya Zaskia dituntut untuk dapat menghibur masyarakat. Namun, Eddy mengaku bahwa Zaskia yang sebelumnya tidak sempat di-briefing oleh stasiun televisi tersbut, secara spontan melontarkan jawaban bebek nungging.

“Perlu saya jelaskan disini bahwa pertanyaan yang diajukan oleh host dalam acara di salah satu stasiun televisi itu memang secara sengaja Neng itu menjawab hari kemerdekaan Indonesia adalah 17 Agustus. Tetapi karena di situ forumnya acara musik dan hiburan, maka Neng berkewajiban sebagai talent, sebagai bintang tamu untuk menghibur. Supaya membuat orang itu tertawa. Jadi perbuatannya memang benar tapi tidak ada iktikad buruk untuk melakukan kejahatan apalagi sampai menghina, karena neng adalah sebagai warga negara yang baik, belum pernah di hukum, belum pernah melakukan tindakan-tindakan yang dianggap menghina lambang negara. Yang kedua, terkait masalah bebek nungging. Bahwa itu jawaban yang disampaikan oleh neng Zaskia Gotik dalam acara itu, itu secara serta merta spontanitas yang sebelumnya memang tidak dilakukan briefing oleh stasiun tersebut,” ungkap Eddy.

Eddy juga menyatakan bahwa Zaskia kesulitan untuk menjawab pertanyaan mengenai lambang sila kelima pancasila. Sehingga Zaskia yang ketika itu mendengar teriakan itik dari para penonton sontak menuliskan bebek nungging sebagai lambang dari sila kelima.

“Begitu ada pertanyaan tersebut yang menurut orang, masyarakat biasa itu pertanyaan ringan, tapi menurut neng Zaskia Gotik sila kelima itu gambarnya apa itu adalah pertanyaan yang berat. Sehingga karena di situ ada desakan dan teriakan itik, itik, di seputar studio itu, makanya Neng menyampaikan brand. Menyampaikanstylish-nya bahwa ia menyatakan bahwa itu bebek nungging,” paparnya.

Zaskia Gotik Jawab 17 Pertanyaan Penyidik
To Top