Nasional

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Ratusan Trenggiling di Medan

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Ratusan Trenggiling di Medan

Mixberita. Tim gabungan WFQR (Western Fleet Quick Respone) Lantamal I dan Tim Libas Dispamal (Dinas Pengamanan TNI Angkatan Laut) Mabesal Jakarta, berhasil mengamankan 1 Ton Hewan Tringgiling yang siap di seludupkan ke Malaysia di Kawasan Pergudangan 77 Titi Papan Jalan Yos Sudarso Medan Belawan, Kota Medan.

Berdasarkan hasil penyelidikan Intelijen yang sebelumnya telah melaksanakan pengintaian di lokasi kawasan gudang tersebut, Tim memastikan benar bahwasanya ada kegiatan penyeludupan hewan trenggiling Ilegal dimana hewan tersebut diambil dari Wilayah Kota Binjai, Langkat, Sumatera Utara dan Jambi melalui jalur Laut dan akan diselundupkan ke Malaysia juga menggunakan jalur laut.

“Tim gabungan yang sudah standby di posisi langsung menggerebek lokasi penyimpanan tringgiling dan sempat terjadi perlawanan dari beberapa orang pelaku yang merupakan pekerja dengan cara mengunci semua pintu gudang dari dalam” ujar Kadispen Lantamal 1, Mayor Sahala di Mako Lantamal 1, Selasa (13/6/2017).

unnamed_zpszesd57zm (2)

Walaupun para pekerja mengunci pintu tersebut, Tim TNI AL berhasil masuk dengan mendobrak pintu gudang lalu mengamankan lokasi.

Dari dalam gudang penyimpanan personel TNI AL berhasil menemukan, Hewan trenggiling hidup sebanyak 199 ekor, Tringgiling mati sebanyak 24 ekor, Kulit Tringgiling basah 5 karung besar, Kulit Tringgiling kering kurang lebih 4 karung besar dengan total keseluruhan 223 ekor.

“Dari penggerebekan tersebut turut serta diamankan dua pelaku yang disinyalir merupakan pekerja Bisnis Ilegal ini antara lain Sudirman alias Aeng umur 43 tahun, Warga Titi Papan Medan dan Ermanto 43 Tahun,” jelas Mayor Sahala.

To Top