unik dan aneh

Tips yang Bisa Bikin Fasih Bahasa Inggris Secara Cepat

Memiliki kemampuan lancar berbahasa Inggris adalah salah satu keinginan terbesar bagi banyak orang. Apalagi di zaman milenial ini kemampuan berbahasa asing lebih diutamakan untuk jenjang karir.

Hal itu juga disebabkan karena bahasa Inggris dinilai sebuah prestise daripada bahasa Indonesia. Tidak jarang orang-orang berbondong-bondong ingin bisa lancar bahasa Inggris.

Namun, tidak sedikit juga yang mengeluh atas proses pembelajaran bahasa Inggris lho. Akan tetapi, kamu jangan khawatir banyak tips mudah untuk bisa lancar berbahasa Inggris.

Apa saja? Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar lancar berbahasa Inggris:

1. Bisa karena terbiasa

Tips ini mungkin terdengar begitu klise, tetapi sangat efektif jika dilakukan. Buatlah diri kamu menjadi familiar dengan bahasa Inggris.

Kamu dapat memulai dengan kebiasaan menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

2. Mencari tempat les

Tips ini tidak diwajibkan untuk kamu lakukan, tetapi lumayan membantu kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Dalam mencari tempat les pun, kamu harus lebih teliti.

Pilihlah tempat les yang menyediakan tempat dan metode belajar yang nyaman, terutama tutornya. Seringkali tutor di Indonesia cenderung memberikan teori grammar daripada melalukan praktik langsung.

3. Manfaatkan internet

Nah, jika kamu bisa tidak melakukan tips kedua tadi, kamu bisa memanfaatkan internet sebisa mungkin. Ada banyak jenis website yang membantu kamu untuk belajar secara cuma-cuma alias gratis.

Kamu bisa mencoba dengan mengunduh e-book atau PDF untuk menunjang belajarmu. Tidak hanya itu, melalui tayangan Youtube, podcast, dan lain sebagainya.

Contohnya pada salah satu website yang menyediakan segala jenis materi untuk belajar bahasa Inggris, yaitu learnenglish.britishcouncil.org.

4. Belajar dari buku

Tips keempat ini akan sangat cocok bagi kamu yang memiliki tipikal belajar terstruktur dan sistematis. Kamu bisa mulai belajar bahasa Inggris dari buku, e-book, atau PDF. Contoh buku yang mudah untuk dipelajari, yaitu “English for Dummies”.

5. Membaca artikel bahasa Inggris

Selain belajar grammar, kamu juga harus mulai membaca artikel bahasa Inggris. Tips ini akan memudahkan kemampuan reading dan menambah kosakata bahasa Inggrismu.

6. Biasakan menulis dengan bahasa Inggris

Setelah membaca artikel, kamu bisa memulai untuk menulis dengan bahasa Inggris. Tips ini dilakukan agar melatih kamu untuk membuat struktur kalimat yang rapih dan benar. Mulai menulislah di catatan, mungkin media sosial, blog, atau tempat lainnya.

7. Pakailah kamus, usahakan jenis Inggris-Inggris

Kadang untuk belajar bahasa Inggris, kita memerlukan kamus untuk menerjemahkan kosakata yang kita tidak tahu. Namun, kebiasaan dalam menggunakan kamus itu berjenis Inggris-Indonesia.

Mulai sekarang, biasakan diri kamu untuk memakai kamus jenis Inggris-Inggris. Tips ini dapat membuat kamu lebih mengetahui makna, sinomin, antonim, bahkan lainnya.

8. Jangan takut berbicara dengan bahasa Inggris

Satu hal yang membuat kamu kurang lancar itu karena kamu takut atau malu berinteraksi dengan bahasa Inggris.

Hal itu wajar, tetapi kamu harus mencobanya agar terbiasa. Jangan takut salah, beranikan diri kamu.

Itulah 8 tips mudah yang dapat kamu lakukan agar kemampuan bahasa Inggrismu lancar. Selamat mencoba!

To Top
togel online