Travel

Tempat Wisata Kekinian, Gunung Luhur atau Negeri di Atas Awan

Jakarta – Gunung Luhur atau yang dikenal Negeri di Atas Awan Gunung Luhur atau viral di media sosial. Lokasinya terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Banten.

Berikut fakta menarik Gunung Luhur :

1. Puncak Gunung Luhur

Puncak Gunung Luhur yakni 1.037 meter di atas permukaan laut. Lokasinya di provinsi Banten, atau 80 km barat daya ibu kota Jakarta.

2. Medannya Berbukit

Medan di sekitar Gunung Luhur sebagian besar berbukit. Titik tertinggi di sekitarnya adalah Gunung Sanggabuana, 1.920 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan 13,3 km di sebelah timur Gunung Luhur.

3. Iklim

Iklim di Gunung Luhur hutan hujan tropis berlaku di daerah itu. Suhu rata-rata tahunan di sana yakni 22 derajat celcius.

Bulan terhangat adalah Oktober yakni dengan suhu rata-rata adalah 23 derajat celcius, dan yang terdingin adalah Januari dengan suhu 21 derajat celcius.

4. Akses Jalan Lebar

Gunung Luhur punya akses jalan yang lebar dan bisa dicapai dengan menggunakan mobil sampai ke puncak.

Untuk menuju ke wisata alam ini dari ibu kota Lebak Rangkasbitung membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dengan jarak tempuh 78 km. Dari Rangkasbitung mengarah ke Cipanas-Lebak Gedong-Citorek hingga Gunung Luhur.

5. Pemandangan Samudra Awan Tidak Selalu Ada

Pemandangan Samudera awan di Gunung Luhur ini menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan itu bisa didapatkan di pagi hari sekitar jam 05.00 WIB hingga 07.00 WIB. Karena itu pengunjung disarankan untuk bermalam dipuncak.

Meski demikian, pemandangan samudera awan tidak bisa didapatkan tiap hari. Hal itu tergantung kondisi cuaca.

Untuk memasuki kawasan puncak Gunung Luhur pengunjung dikenakan tarif Rp 5.000. Bagi yang mau menginap di puncak dapat membawa tenda dan membayar biaya sewa lahan Rp 30.000. Kalau tidak membawa tenda, detikers bisa menyewa tenda dengan biaya Rp 100.000 untuk empat orang.

To Top