Otomotif

Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein Kompak di F1 GP Bahrain

23 Mar 2016 at 11:45 WIB

Pembalap F1 tim Manor Racing, Rio Haryanto bersama rekan setimnnya Pascal Wehrlein saat sesi latihan pertama di Australian Formula One Grand Prix di Melbourne (18/3). Dalam latihan tersebut mobil Rio mengeluarkan percikan api. (REUTERS/Jason Reed)

Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, kompak memilih kompon ban Pirelli yang sama untuk balapan F1 GP Bahrain di Sirkuit Sakhir pada 3 April.

Dua pebalap Manor Racing, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein, kompak dalam memilih kompon ban Pirelli yang akan dipakai untuk balapan F1 GP Bahrain pada 3 April.

Berdasarkan data yang dirilis Pirelli Motorsport via twitter pada Selasa (22/3/2016), Rio dan Wehrlein sama-sama memilih 4 set ban berkompon medium, 5 set ban berkomponsoft, dan 4 set ban berkompon supersoft.

Rio dan Wehrlein menjadi dua dari hanya tiga pebalap yang memilih lebih banyak memakai ban berkompon paling keras Pirelli untuk balapan di Sirkuit Sakhir. Satu pebalap lainnya ialah Felipe Nasr (Sauber).

Dari tim papan atas, Mercedes dan Ferrari memiliki strategi yang sangat berbeda dalam pemilihan kompon ban. Mercedes memilih hanya memakai satu set ban berkompon medium, yang sudah menjadi kewajiban, sedangkan Ferrari memakai tiga set.

Artinya, Mercedes memiliki lebih banyak set ban berkompon soft daripada Ferrari, yakni 6 berbanding 4.

Pemilihan kompon ban untuk F1 GP Bahrain sudah dilakukan sejak 13 pekan silam. Jadi, strategi kedua tim tak dipengaruhi hasil balapan F1 GP Australia.

Mercedes bukan satu-satunya yang cuma memilih satu set ban berkompon medium. Pebalap lain yang memakai strategi serupa adalah Kevin Magnussen dan Jolyon Palmer (Renault), Max Verstappen (Toro Rosso), serta Esteban Gutierrez (Haas).

Berdasarkan regulasi musim 2016, setiap pebalap bisa memilih tiga kompon ban kering yang tersedia pada race weekend. Kebetulan, pilihan untuk F1 GP Bahrain dan F1 GP Australia identik, yaitu medium, soft, dan supersoft. Pada balapan di Albert Park, Melbourne, Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein juga kompak memilih kompon ban yang sama.

Daftar pemain dan pemakaian ban pada sirkuit bahrain

Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein Kompak di F1 GP Bahrain
To Top