luar negeri

Ini Rencana Kunjungan Spektakuler Raja Salman ke Indonesia

Ini Rencana Kunjungan Spektakuler Raja Salman ke Indonesia

Mixberita. Raja Arab Saudi, Faisal bin Abdul Aziz mengunjungi Indonesia pada Juni 1970. Kala itu, Raja Faisal disambut hangat oleh Presiden RI Soeharto. Dan kini setelah 47 tahun berlalu, penerusnya Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud akan mengulang kunjungan tersebut.

Pasalnya, tak tanggung-tanggung, dalam kunjungannya Raja Salman akan didampingi 10 menteri, 25 pangeran dan 1.500 rombongan termasuk para investor. Ia juga diketahui memboyong banyak logistik khusus dari negaranya.

Pada Senin 20 Februari, lima pesawat kargo Saudi Arabia Air Boeing 744 dengan nomor penerbangan SV 6839 telah tiba di Indonesia pada pukul 01.30 WIB. Empat pesawat di anataranya membawa peralatan khusus Raja Salman termasuk empat unit mobil dan eskalator khusus.

Sedangkan satu pesawat lainnya mengangkut personel keamanan. Lalu pada 28 Februari mendatang, sebanyak 135 delegasi Arab Saudi akan tiba di Indonesia lebih awal dari sang raja.

Kini hanya tinggal hitungan hari saja Raja Salman akan tiba di Indonesia. Ia rencananya akan berada di Tanah Air pada 1-9 Maret. Tiga hari diawal kunjungannya yaitu pada 1-3 Maret, sang raja akan bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Jokowi Dodo di Istana Bogor. Khusus pada 2 Maret, Raja negeri kaya minyak tersebut dijadwalkan mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Pertemuan Raja Salman dan Jokowi tersebut akan mebahas kerjasama dalam bidang kebudayaan, kesehatan, pengembangan Islam dan Wakaf terutama promosi Islam moderat lewat pertukaran dakwah, pelayanan udara terkait rute penerbangan, dan perjanjian penanggulangan kejahatan.

Selain itu, Raja Salman juga akan menandatangani sejumlah kesepakatan bisnis mengingat Arab Saudi berminat untuk berinvestasi di berbagai bidang infrastruktur di Indonesia.

To Top