luar negeri

PM Jepang: Peluncuran Rudal Korut Merupakan Ancaman Tahap Baru

PM Jepang: Peluncuran Rudal Korut Merupakan Ancaman Tahap Baru

Mixberita. Korea Utara (Korut) kembali melakukan peluncuran rudal. Kali ini negara tersebut meluncurkan empat rudal balistik yang jatuh di dekat perairan Jepang. Peluncuran rudal tersebut membuat geram Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Sebagaimana dikutip dari NHK, Senin (6/3/2017), pada pidatonya di Parlemen Jepang pada Senin 6 Maret sore waktu setempat, Abe mengatakan bahwa peluncuran rudal tersebut merupakan ‘ancaman tahap baru’.

mixbola

Ia menegaskan, tindakan Korut itu sangatlah berbahaya mengingat bisa saja rudal tersebut menghantam pesawat yang sedang terbang atau perahu nelayan yang sedang memancing di perairan Negeri Sakura. “Peluncuran itu jelas merupakan pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB,” tegas Abe.

Abe mengatakan, ia sudah melayangkan protes keras kepada Korut terkait peluncuran rudal tersebut.  Tidak hanya Abe, pelaksana tugas Presiden Korea Selatan (Korsel) Hwang Kyo-ahn juga geram dengan peluncuran tersebut dan mengutuknya. Hwang menambahkan, Korsel akan segera menempatkan sistem pertahanan peluncur rudal milik Amerika Serikat demi mempertahankan dirinya.

Juru bicara militer Korsel, Roh Jae-cheon, menuturkan bahwa peluncuran rudal itu dilakukan di wilayah Tongchang-ri yang berlokasi dekat perbatasan China. Hingga saat ini masih belum diketahui pasti rudal tipe apa yang digunakan Korut dalam peluncuran tersebut.

To Top