luar negeri

Pemerintah Thailand Bangun Penjara Khusus LGBT

Pemerintah Thailand Bangun Penjara Khusus LGBT

mixberita.com – Otoritas penjara di Thailand membuat pilot project penjara terpisah untuk tahanan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT). Hal ini diungkapkan oleh Deputi Permanen Sekretaris Keadilan Thailand Kobkiat Kasiwiwat yang mengatakan pembuatan penjara terpisah untuk melindungi tahanan LGBT  dari pelanggaran oleh tahanan lain.

Seperti dikutip dari Asia Correspondent,  penjara Buri Min di Bangkok akan digunakan sebagai skema percontohan baru untuk rumah tahanan bagi LGBT.

Diketahui perempuan transgender di Thailand tak resmi diakui sebagai perempuan, sehingga secara otomatis diproses untuk fasilitas penjara yang berisikan laki-laki, yang membuat  mereka takut akan dijadikan korban pelecehan.

Lembaga Pemasyarakatan Thailand mengatakan sekitar 4.500 tahanan dari 300 ribu tahanan telah sepakat untuk diklasifikasikan sebagai LGBT. Jumlah tahanan LGBT sebenarnya dianggap secara signifikan lebih tinggi.

Sementara Thailand sudah lama dipuji karena sikap liberalnya dan menerima masyarakat LGBT. Gay, khususnya waria, masih merupakan subjek untuk dilecehkan baik di dalam ataupun di luar sistem penjara.

Laporan USAID pada 2014 menyatakan bahwa advokasi global untuk hak-hak LGBT, ada peningkatan pada tren penerimaan global orientasi seksual beragam dan identitas gender, dan akses informasi yang lebih besar melalui Internet dan media sosial, juga mempengaruhi masyarakat Thailand, khususnya anak-anak muda untuk lebih memahami orang Thailand yang LGBT.

To Top