Nasional

Panut Mulyono Terpilih sebagai Rektor UGM

Panut Mulyono Terpilih sebagai Rektor UGM

Mixberita. Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) memilih Prof Ir Panut Mulyono M.Eng., D.Eng sebagai rektor UGM lima tahun ke depan. Prof Panut mengantongi 15 suara dari MWA, sementara pesaingnya yakni Prof Ali Agus memperoleh 10 suara.

“Dengan ini yang ditetapkan oleh Majelis Wali Amanat sebagai Rektor UGM peroide 2017-2022 adalah Prof. Panut Mulyono,” ujar Ketua MWA, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., selaku ketua sidang saat mengakhiri putaran terakhir pemilihan suara, Senin (17/4/2017) seperti dilansir dari laman UGM, Senin (17/4/2017).

Rangkaian proses seleksi yang berlangsung selama empat jam di Balai Senat UGM itu dihadiri oleh 18 dari 19 anggota MWA, yaitu Sri Sultan HB X, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti, Prof. Intan Ahmad (mewakili Menristekdikti), Rektor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc., Prof. Ainun Na’im, MBA., Ph.D., Prof. Dr. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK(K)., Prof. Dr. Ir. Indarto, DEA., Prof. Dr. Ir. Zaenal Bachruddin, M.Sc., Subejo, SP., M.Sc., Ph.D., Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si., Paminto Adhi, SE., M.Si, Muhsin Al Anas, Prof. Dr. Tahir, MBA., Ir. M. Basuki Hadimuljono, M.Sc., Ph.D., Ir. Agus Priyatno, Ir. Budi Karya Sumadi, Wisnuntoro, S.E., M.M, Dr.es.sc.tech., serta Ir. Ahmad Rifai, MT.

unnamed_zpszesd57zm (2)

Sebelum dilakukan pemungutan suara, MWA memberikan kesempatan kepada tiga calon rektor untuk menyampaikan program kerja mereka masing-masing. Secara berurutan, ketiga calon rektor, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., Dr. Erwan Agus Purwanto., dan Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng memaparkan program kerja dalam waktu 10 menit dilanjutkan dengan tanya jawab selama 30 menit.

Hal ini sesuai dengan PP No. 67 tahun 2013 pasal 27 (8) tentang penetapan UGM sebagai Badan Hukum Milik Negara yang berbunyi “Anggota Majelis Wali Amanat mempunyai hak suara yang sama kecuali dalam pemilihan rektor. Dalam pemilihan rektor anggota dari unsur Menteri memiliki 35 persen hak suara dari semua hak suara.”

“Pemilihan terjadi 3 tahap karena pada tahap pertama urutan kedua dan ketiga jumlahnya sama, jadi diulang lagi khusus untuk menentukan ranking 2 dan 3 dulu baru kemudian lanjut ke tahap ketiga,” ujar Sekretaris MWA, Prof. Dr. Ir. Indarto, DEA.

Pada putaran tambahan ini, Erwan Agus memperoleh 12 suara, sementara Ali Agus memperoleh 13 suara untuk lolos ke putaran terakhir. Dalam pemilihan akhir yang menyisakan dua calon rektor, Panut Mulyono dan Ali Agus, perolehan suara terbanyak diraih oleh Panut Mulyono yang memperoleh 15 suara, mengungguli Ali Agus yang memperoleh 10.

Daftarkan diri anda secara GRATIS bersama kami MIXBOLA.COM

Nikmati promo bonus new member 10% dan bonus cashback mingguan 5% dan berbagai bonus menarik lain-nya untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami yang siap membantu anda 24 jam

To Top