unik dan aneh

Mukbang Kuliner Jadi Penghasilan Menggiurkan Hingga Miliaran Rupiah

Berawal dari tren di Korea Selatan. Video makan banyak atau mukbang, kini jadi pekerjaan yang menjanjikan dengan penghasilan miliaran rupiah setiap bulannya.

Dari tradisi unik di Korea Selatan. Istilah ‘Mukbang’, kini sudah dikenal banyak orang di berbagai negara. Konsepnya sederhana, orang-orang menyantap berbagai makanan dalam porsi besar sambil merekamnya di kamera.

Dilansir dari Zee (05/04), kebanyakan video mukbang ini ditayangkan secara langsung atau live streaming. Sehingga para penonton bisa berinteraksi dengan host, atau pemilik video yang tengah makan.Di Korea Selatan sendiri, makan merupakan salah satu kegiatan sosial. Dulu jarang sekali orang-orang di sana mau makan sendirian di restoran atau tempat umum.

Kebanyakan dari mereka lebih memilih makan sendiri di dalam rumah atau di kamar. Dari sana muncul lah fenomena mukbang, yang kini menjadi pekerjaan menjanjikan bagi banyak orang.

Tak hanya di Korea Selatan saja. Banyak artis atau bintang mukbang yang berasal dari Amerika, Jepang, hingga negara di Asia lainnya seperti Indonesia.

Banyaknya jumlah ‘views’ atau penonton di setiap video mukbang ini, membuat sang artis bisa memiliki penghasilan rata-rata sekitar USD 9000 (Rp 130,6 juta) per bulan. Uang ini di dapat dari platform video seperti YouTube dan situs live streaming lainnya.

Pendapatan ini belum termasuk dengan koin dan donasi uang yang diberikan penonton, saat mereka melakukan mukbang siaran langsung.Sementara untuk artis mukbang yang sudah terkenal, tentunya penghasilan mereka jauh lebih banyak. Seperti Hyunee contohnya. Ia merupakan artis mukbang terkenal dari Korea Selatan.

Setiap bulannya ia diperkirakan menghasilkan uang USD 18,000 (Rp 261.3 juta). Hyunee memiliki banyak penggemar setia, karena ia mampu menyantap makanan yang sangat pedas.

Tak ketinggalan artis mukbang bernama Dona. Dona merupakan artis mukbang yang memiliki penghasilan paling fantastis di dunia. Ia memiliki lebih dari 5,1 juta subscribers di YouTube-nya.Dari data yang ada diperkirakan setiap bulannya Dona bisa meraup penghasilan hingga Rp 34 miliar hanya dari video makannya. Makanan yang dipilih Dona untuk mukbang juga unik. Mulai dari aneka ramen, makanan pedas, sampai permen dan jelly.

Walau terdengar seperti pekerjaan yang sangat menjanjikan. Tapi banyak ahli kesehatan yang khawatir dengan tren video mukbang ini.

Banyak dari ahli kesehatan yang setuju bahwa video mukbang bisa menimbulkan efek kesehatan yang serius, terutama kepada artis mukbang yang rutin menyantap makanan secara berlebihan.

Tak ketinggalan efek negatif dari merekam video makan yang berlebihan. Di mana para penonton bisa meniru hal yang sama, tanpa menyadari dampaknya untuk kesehatan tubuh.

To Top
togel online