Nasional

Mudik 2016, Siap-siap Berebut Tiket Kereta Mudik Lebaran

mixberita.com – Tradisi mudik tidak hanya heboh pada saat menjelang hari H Lebaran. Momen menarik yang layak ditunggu juga terjadi tiga bulan sebelumnya yakni: berburu tiket mudik kereta!

Sejak tiga hari lalu, sudah dibuka pembelian tiket kereta mudik untuk H-10 Lebaran. Sampai hari Rabu (30/3) kemarin, peminat tiket di hari-hari tersebut masih sedikit. Tiket yang tersisa pun masih banyak.

“Untuk H-10 sampai H-8 memang bukan tanggal favorit. Baru terjual 30 persen. Tapi setiap hari itu berubah,” kata Vice President Corporate Communication PT Kereta Api Indonesia, Agus Komarudin, kepada detikcom, Kamis (31/3/2016).

Agus memprediksi kehebohan baru akan terjadi pada saat penjualan tiket H-5 Lebaran atau pada 2 April 2016 nanti. Hari tersebut merupakan momen yang pas untuk mudik pada saat Lebaran nanti.

PT KAI menyiapkan total tiket 200.080 setiap harinya untuk perjalanan mudik Jawa dan Sumatera. Saat hari favorit mudik mulai dari H-5 sampai H-1, biasanya tiket akan ludes dalam waktu singkat, lewat pembelian secara online atau gerai-gerai yang ditunjuk PT KAI untuk penjualan tiket. Dalam beberapa momen sebelumnya, tak jarang situs PT KAI untuk pemesanan tiket sampai down atau tak bisa diakses.

“Kita sudah antisipasi dengan menambah bandwith sampai 250 megabyte. Tapi yang namanya ribuan orang masuk dalam waktu yang sama di satu pintu pasti ada antrean,” paparnya.

Selain tiket reguler, rencananya PT KAI juga akan menyiapkan kereta tambahan. Tak hanya itu, untuk mudik tahun ini, PT KAI juga punya tambahan rangkaian kereta baru buatan PT INKA.

“Itu ada empat train set untuk kelas eksekutif. Akan kita pakai tahun ini,” ucapnya.

Jadi, bagi Anda yang hendak mudik menggunakan kereta sebaiknya segera bersiap. Musim berburu tiket sudah tiba!

Mudik 2016, Siap-siap Berebut Tiket Kereta Mudik Lebaran
To Top