Nasional

Mau Tau Makanan Buka Puasa Sumanto Si Manusia Kanibal?

mixberita.com – Si Manusia Kanibal asal Purbalingga, Jawa Tengah, Sumanto kini aktif berpuasa. Pria yang pernah membuat heboh karena memakan mayat itu memang menjadi santri di Panti Rehabilitasi Jiwa, Sosial dan Narkoba H. Mustajab Bungkanel di Karanganyar, Purbalingga.

Lazimnya orang berpuasa, tentu sahur dan berbuka merupakan momen istimewa. Lantas, apa menu berbuka untuk Sumanto?

KH Supono Mustajab selaku pengasuh panti rehabilitasi menuturkan, Sumanto sangat suka makan daging. “Terutama sate kambing,” kata Supono. Namun, adakalanya pula Sumanto mengambek. Jika Sumanto sudah tak berkenan di hati, maka warga Desa Palumutan, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga itu sama sekali tak mau sahur atau pun makan untuk berbuka.

Namun demikian, kata Supono menjelaskan, Sumanto tetap mau beraktivitas seperti biasa. Misalnya, pengajian rutin pada pagi hari. Supono menambahkan, saat kegiatan Jumat keliling, biasanya justru Sumanto yang jadi perhatian warga. Suasana pun terlihat ramai ketika ada Sumanto.

Lebih lanjut Supono menjelaskan, kondisi kejiwaan Sumanto sebenarnya berangsur pulih. Namun, keluarga dan para tetangganya di Desa Panutan tetap menginginkan Sumanto tinggal di panti rehabilitasi saja. Supono yang sering mendapat undangan mengisi pengajian juga selalu mengajak Sumanto. Bahkan, sesekali Sumanto ikut berceramah.

Saat Ramadan seperti saat ini dan jika tak ada kegiatan di luar, Sumanto justru menghabiskan banyak waktunya untuk mengaji dan mengikuti ibadah jemaah di pondok yang ada di dalam panti itu. Karenanya Supono berharap hingga waktunya semua diberikan kesehatan.

Mau Tau Makanan Buka Puasa Sumanto Si Manusia Kanibal?
To Top