Sport

Manchester United Segera menjadi Milik Mohammed Bin Salman

Kabar bakal pengambilalihan saham Manchester United mengemuka dalam beberapa pekan terakhir. Adalah Putera Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, yang disebut segera menjadi pemilik baru United.

Manchester United mengalami fase penurunan prestasi dalam beberapa tahun terakhir. Setan Merah gagal menjadi juara Premier League sejak berakhirnya imperium Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu.

United belakang juga sulit bersaing untuk zona Liga Champions. Pada musim 2018/2019 lalu, United gagal masuk empat besar klasemen akhir Premier League. United hanya berada di posisi ke-6 dan harus puas ambil bagian di Liga Europa.

Saham Manchester United dimiliki Keluarga Glazer sejak 2005 yang lalu. Kepemimpinan Keluarga Glazer selama ini banyak mendapat kritik dari fans United. Mereka dinilai fokus pada orientasi bisnis, bukan pada prestasi olahraga.

Ketertarikan Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman, untuk memilih saham Manchester United sebenarnya sudah lama. Bahkan, Mohammed Bin Salman sudah melayangkan dua kali tawaran kepada pihak Keluarga Galzer untuk pembelian saham.

Pada tawaran kedua, Mohammed Bin Salman menawarkan 3 miliar pounds kepada Keluarga Glazer untuk bisa membeli United.

Dikutip dari The Mirror, upaya Mohammed Bin Salman mendekati para pemilik United mulai mendapat respon positif. Pada pekan ini, direksi United dijadwalkan akan terbang ke Arab Saudi untuk menghadiri pertemuan dengan Mohammed Bin Salman.

Mohammed Bin Salman telah menyiapkan skema pembelian Manchester United lewat perusahaan Future Investment Initiative. Perusahaan ini secara kolektif menampung dana investasi dari keluarga Kerajaan Arab Saudi, bukan hanya Mohammed Bin Salman.

Mohammed Bin Salman memang sangat optimis bisa membeli Manchester United. Dia punya cukup dana untuk mengakuisisi klub yang bermarkas di Old Trafford. Akan tetapi, tidak semua pemilik saham United bersedia menjual sahamnya.

Kevin Glazer, salah satu putra Malcom Glazer, beberapa waktu lalu menyatakan enggan melepas sahamnya. Kevin Glazer memiliki 13 persen saham di Manchester United dengan nilai 270 juta pounds.

Sementara itu, Mohammed Bin Salman tercatat memiliki kekayaan total 7 miliar poundsterling (Rp126,4 triliun) sementara Keluarga Glazers hanya memiliki total kekayaan 3,6 miliar poundsterling (Rp64,9 triliun) saja.

To Top