luar negeri

Malaysia Tegaskan Penyelidikan Pembunuhan Kim Jong-nam Tak Berpihak

Malaysia Tegaskan Penyelidikan Pembunuhan Kim Jong-nam Tak Berpihak

Mixberita. Pemerintah Malaysia mengaku amat terhina dengan tudingan Duta Besar Korea Utara Kang Chol terkait kasus pembunuhan Kim Jong-nam. Usai kunjungannya ke Kementerian Luar Negeri Malaysia, Kang Chol menggelar konferensi pers yang isinya menuduh penyelidik.

“Tuduhan yang diarahkan Dubes Korut kepada kami dilandaskan pada delusi (khayalan). Itu sepenuhnya bohong. Kami tidak mengambil penyelidikan ini dengan tujuan politik,” tukasnya dalam siaran pers yang dimuat di The Star, Senin (20/2/2017).

Dalam penuturannya, Menlu Malaysia Datuk Sri Anifah Haji Aman menegaskan, pertemuan dengan sang dubes hanya dimaksudkan untuk membahas urusan bilateral. Ia juga memastikan, penyelidikan polisi Malaysia sudah dilakukan dengan sangat baik dan tanpa tekanan.

“Seluruh proses dilakukan sesuai dengan hukum dan peraturan Malaysia. Tetapi sebaliknya, Korut malah membalas setiap saran kami dengan penghinaan. Menuduh kami bersekongkol dengan pemerintah asing,” pungkasnya.

Haji Aman menekankan, “Di semua negara beradab ada norma yang harus ditegakkan untuk kasus-kasus seperti ini. Penyelidikan harus dilakukan secara komprehensif. Ini adalah tanggung jawab pemerintah.”

Malaysia pun sadar bahwa rakyat butuh mengetahui kebenarannya. Untuk itulah, pemerintah beberapa kali mengadakan konferensi pers. Dengan tujuan memberikan informasi seperlunya kepada publik.

“Seharusnya kedutaan besar di sini bekerja sama sepenuhnya dengan pemerintah Malaysia untuk memastikan bahwa penyelidikan menyeluruh dilaksanakan. Bukannya meragukan kredibilitas penyelidikan kami,” tutupnya.

To Top