Nasional

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin Akan Dilantik Pada Tanggal 20 Oktober 2019

Jakarta – Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2019. Sebagai pasangan terpilih, kapan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin mengumumkan menteri-menteri kabinet periode 2019-2024? Akankah pengumuman tersebut dilakukan usai pelantikan?

Menanggapi hal tersebut, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin angkat bicara.

“Siapa tahu seperti yang lalu-lalu, setelah pelantikan siang, sore sudah bisa diumumkan. Siapa tahu,” kata Ngabalin usai menghadiri rapat koordinasi (rakor) pariwisata Danau Toba di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Selain itu, Ngabalin juga merespons kabar-kabar mengenai nomenklatur atau kementerian/lembaga baru. Sebelumnya memang, Presiden Jokowi pernah mengumumkan akan membuat nomenklatur baru, salah satunya Kementerian Investasi.

“Seperti yang kemarin, pernah kan Bapak Presiden menyampaikan ada beberapa badan kementerian yang baru. Kita tunggu, mudah-mudahan lebih cepat,” jelas Ngabalin.

Ia mengungkapkan, pekan depan rencananya Presiden Jokowi akan meluruskan mengenai kabar-kabar nomenklatur baru lainnya yang beredar. Salah satunya seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) yang akan menggaet Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (Ditjen Daglu). Sebelumnya Ditjen Daglu termasuk dalam nomenklatur Kementerian Perdagangan.

“Selasa atau Rabu mungkin Bapak Presiden akan menjelaskan pertanyaan ini,” pungkasnya.

To Top