Nasional

Foto Pro-Kontra Kapolda Satu Meja Makan Bersama Pembacok Hermansyah, Ini Tanggapan Polri

Foto Pro-Kontra Kapolda Satu Meja Makan Bersama Pembacok Hermansyah, Ini Tanggapan Polri

Mixberita. Beredar foto-foto di media sosial yang mempertanyakan Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan duduk bersama satu meja dengan dua pelaku pembacok ahli telematika ITB Hermansyah.

Dalam foto tersebut yang diduga sosok Kapolda Metro itu didampingi dua pria berseragam polisi dan dua pria lainnya berpakaian biasa. Tampak mereka sedang berbincang dengan dua tersangka dalam kondisi tangan tanpa borgol. Dalam pertemuan tersebut disajikan minuman plus makanan yang terlihat seperti gorengan di atas meja.

Menanggapi hal tersebut, Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan hal itu merupakan sisi humanis dari kepolisian dalam rangka menggali motif dan menerapkan asas praduga tidak bersalah kepada tersangka.

unnamed_zpszesd57zm (2)

“Jadi, itu Polri dari sisi humanis, lalu ada asas praduga tak bersalah. Walau dia (tersangka) sudah ngaku, tapi masih dalam proses di kepolisian dan dianggap belum bersalah. Pak Kapolda makan dengan tersangka itu dalam rangka pendekatan. Kemungkinan dia akan lebih mengungkapan sesuatu yang lain dari sisi humanisnya yang akan kita angkat,” kata Setyo di Lobby Utama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/7/2017).

Setyo mengatakan tidak ada masalah dengan foto Kapolda Metro Jaya yang viral di media sosial tersebut. Sebab, makan bersama dengan tersangka adalah salah satu trik polisi untuk membuatnya semakin terbuka.

“Jadi tidak ada pelakuan khusus semuanya kita lakukan sama. Kadang polisi harus memancing dulu, kita ajak makan dulu, supaya lebih terbuka,” katanya. Ketika disinggung apa yang didapatkan polisi dari pendekatan duduk bersama dengan tersangka tersebut, Setyo enggan membeberkannya.

“Itu substansi pemeriksaan. Tapi kita harapkan dari itu sisi humanis kan kita ajak, kita deketin, mungkin yang masih ditutupi bisa terungkap. Jadi enggak ada masalah mau ajak makan, ajak minum untuk membuat terang penyelidikan dan penyidikan,” tukasnya

To Top