luar negeri

Fakta Pembunuhan Kim Jong-nam yang Terkumpul dalam Seminggu

Fakta Pembunuhan Kim Jong-nam yang Terkumpul dalam Seminggu

Mixberita. Kim Jong-nam yang merupakan kakak tiri diktator muda Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyimpan begitu banyak misteri.

Hingga kini kisah pembunuhan Kim Jong-nam nampak penuh dengan intrik dan aroma politik yang kuat berdasarkan fakta-fakta yang telah diketahui. Dan berikut simak fakta-fakta kematian Kim Jong-nam dalam seminggu.

1. Insiden Pembunuhan (Senin, 13 Februari)

Kim Jong-nam dijadwalkan melakukan penerbangan dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Makau ketika tiba-tiba ia mengalami pembekapan oleh seseorang dari belakang.

Menurut Kepala Departemen Investigasi Kriminal Selangor, Fadzil Ahmat, Kim Jong-nam mengeluh pusing pasca-pembekapan tersebut dan kemudian pergi ke layanan bandara untuk meminta pertolongan. Kemudian Jong-nam dibawa ke klinik bandara sebelum akhirnya ambulans datang untuk membawanya ke rumah sakit. Namun sayang, ia lalu meninggal dalam perjalanan.

2. ‘Pecahnya’ Berita Kematian Kim Jong-nam (Selasa, 14 Februari)

Berita kematian Kim Jong-nam menjadi ramai di media dan menggemparkan publik pada Selasa 14 Februari malam. Polisi awalnya menggambarkan insiden itu sebagai “kematian mendadak” sambil menunggu hasil post-mortem. Sebelum kemudian pihak berwenang mengumumkan identitas pria tersebut sebagai Kim Chol.

3. Pembunuhan (Rabu, 15 Februari)

Malaysia memastikan kematian pria Korut adalah karena tindak pembunuhan dan Kim Chol adalah Kim Jong-nam kakak tiri penguasa Korut, Kim Jong-un. Sementara itu, para Pejabat Korea Selatan (Korsel) pada hari sebelumnya mengumumkan pendapat mereka yang meyakini bahwa pembunuhan tersebut dilakukan oleh Korut.

Ketua Komite Intelijen Majelis Nasional Korsel, Lee Cheol Woo mengatakan, Jong-nam telah diracuni dan tersangkanya adalah dua perempuan Asia.

Sementara itu, di Malaysia, polisi telah melakukan penahanan kepada perempuan asal Vietnam Doan Thi Huong (30) dan seorang pria Malaysia Muhammad Farid Bin Jalaluddin (26).

To Top