Sport

Chelsea merupakan salah satu tim kejutan di Premier League musim ini

Chelsea merupakan salah satu tim kejutan di Premier League musim ini. Meski situasi tim tidak ideal karena embargo transfer, tim asuhan Frank Lampard itu bisa bangkit dan melaju apik.

Teranyar, The Blues memetik kemenangan penting atas Aston Villa (2-1) pada pekan ke-15 Premier League, Kamis (5/12/2019). Tambahan tiga poin ini penting bagi usaha Chelsea mempertahankan posisi di empat besar.

Permainan tim Lampard cukup apik, ofensif dengan Tammy Abraham sebagai pencetak gol. Sayangnya, laga ini kembali menegaskan masalah permainan Chelsea yang sudah terlihat sejak awal musim.

Masalah terbesar Chelsea itu ada di lini pertahanan mereka yang kesulitan menorehkan clean sheet alias nirbobol. Kapten The Blues, Cesar Azpilicueta tahu kekurangan ini sudah terlihat beberapa pertandingan terakhir.

Azpilicueta mengakui ada kekhawatiran tentang pertahanan The Blues dan kemampuan untuk menuntaskan laga lebih cepat. Semua ini disebabkan oleh kesulitan mencatatkan clean sheets.

“Itu [clean sheets] sesuatu yang harus kami kembangkan sebab kami terus kebobolan,” kata Azpilicueta kepada Goal internasional.

“Kami menyulitkan diri kami sendiri. Andai kami tidak kebobolan dan menjaga keunggulan 1-0 sampai paruh waktu maka babak kedua bisa lebih terbuka dan kami bisa bermain lebih baik.”

Bagi Azpi, clean sheet adalah cara terbaik memenangkan pertandingan dengan meyakinkan. Chelsea seharusnya bisa menang lebih mudah, tapi ada beberapa pertandingan sejauh ini yang menyulitkan karena kekurangan mereka sendiri.

“Dan saat melawan West Ham, jika kami tidak kebobolan, saya yakin kami bisa terus berjuang dan mungkin mencetak satu gol lalu menang. Kontra Crystal Palace, meski bukan permainan terbaik kami, 2-0 sudah cukup,” sambung Azpi.

“Area ini memang perlu kami kembangkan, sebab kesolidan pertahanan adalah kunci dalam musim panjang dan saya yakin kami akan terus bekerja keras untuk mencapainya,” tandasnya.

To Top