Selebritis

Biodata, Profil dan Fakta Rifda Irfanaluthfi

Rifda Irfanaluthfi telah menarik perhatian publik Indonesia dengan prestasinya yang luar biasa. Ia menjadi pesenam pertama dari Indonesia yang berhasil meraih tiket untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024.

Keberhasilan Rifda dalam mendapatkan tiket untuk ajang olahraga empat tahunan yang akan diadakan pada tanggal 26 Juli-11 Agustus 2024 ini, didapatkan setelah ia mendapatkan kuota relokasi dari tuan rumah dan menjadikannya sebagai atlet ketiga yang berhasil lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Rifda Irfanaluthfi adalah seorang atlet senam artistik Indonesia yang telah meraih berbagai medali baik di tingkat nasional maupun internasional. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 16 Oktober 1999 dan beragama Islam. Rifda mulai berlatih senam artistik sejak usia enam tahun dan telah mengalami beberapa kali pergantian sekolah dasar untuk menyesuaikan dengan jadwal latihannya.

Prestasi Rifda dalam cabang olahraga senam semakin mengesankan seiring berjalannya waktu. Ia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2021 yang diadakan di Vietnam. Rifda berkompetisi dalam kategori Women’s Individual All Around dan berhasil menduduki peringkat pertama. Medali emas yang diraihnya menjadi medali emas ke-13 bagi Indonesia pada saat itu.

Prestasi Rifda juga terlihat di tingkat Asia Tenggara. Selain SEA Games 2021, ia juga berhasil meraih medali perak di SEA Games 2015 dan berhasil masuk ke babak final di tiga alat, yaitu meja lompat (peringkat pertama), senam lantai (peringkat kelima), dan balok keseimbangan (peringkat kedua).

Medali perak Rifda di ajang SEA Games 2015 diraih pada nomor senam lantai. Pencapaian itu menjadikannya sebagai satu-satunya pesenam dari Indonesia yang mampu menyabet medali emas di ajang yang dihelat di Singapura tersebut.

Lalu, di SEA Games 2017 Rifda juga mampu meraih medali emas di nomor balok keseimbangan atau Apparatus-Balance Beam. Selain medali emas, Rifda juga menyumbang satu medali perak dan tiga medali perunggu.

Jika ditotal secara keseluruhan, ia mempersembahkan lima medali untuk Indonesia di ajang olahraga yang digelar di Malaysia itu.

Tercatat jika pesenam asal Jakarta ini pernah mengikuti Kejuaraan Senam Artistik Asia 2015. Pada ajang senam dunia yang dihelat di Tokyo, Jepang itu, Rifda bertanding di dua nomor yakni senam lantai dan balok keseimbangan. Setelah itu, berhasil duduk di peringkat ke-9 pada senam lantai dan peringkat ke-6 di nomor balok keseimbangan.

Rifda tercatat sempat berlaga di Asian Games 2018. Sayangnya, ia tidak mampu mempersembahkan prestasi terbaiknya usai gagal di alat palang bertingkat atau uneven bars pada kategori beregu putri senam artistik.

Kesuksesan Rifda di ajang SEA Games kembali berlanjut pada edisi 2019. Pada ajang yang dihelat di Filipina itu, ia berhasil mempersembahkan medali emas di nomor all around atau semua alat.

To Top