Nasional

Bank Indonesia Minta Masyarakat Waspada Akan Uang Palsu Jelang Lebaran Idul Fitri

mixberita.com Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) mengingatkan warga Sumut, khususnya Medan, Siantar, dan Sibolga, untuk mewaspadai uang palsu mendekati Lebaran 2016. Kewaspadaan perlu ditingkatkan agar masyarakat tidak dirugikan akan beredarnya uang palsu yang meresahkan warga.

Dilansir mixberita.com setiap peredaran uang yang makin besar di tengah masyarakat, misalnya, menjelang hari Idul Fitri maka kejahatan dengan mengedarkan uang palsu meningkat pula. Untuk itu, warga harus makin hati-hati dalam menganalisis setiap pecahan uang besar rupiah yang didapat.

Data menunjukkan, temuan uang palsu di Medan mencapai 93,1 persen, 5,4 persen di Pematang Siantar, dan 1,5 persen di Sibolga. Adapun temuan uang palsu di Sumut pada triwulan I-2016 mencapai 1.496 lembar atau naik 3,4 persen dibandingkan triwulan IV-2015 yang 1.446 lembar.

BI terus meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Kepolisian dan melakukan terus sosialisasi mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah guna mengantisipasi dan menekan peredaran uang palsu itu.

Bank Indonesia Minta Masyarakat Waspada Akan Uang Palsu Jelang Lebaran Idul Fitri
To Top