Travel

Apa Itu Threads Aplikasi Sosmed Baru Pesaing Twitter

Instagram Threads atau IG Threads merupakan aplikasi berbasis teks dari Meta yang dirilis pada Kamis, 6 Juli 2023. Program tersebut banyak diperdebatkan karena waktu perilisannya bertepatan dengan masalah teknis Twitter.

Utas memungkinkan pengguna memposting hingga 500 karakter dan memiliki banyak fitur mirip Twitter.

Utas Instagram memiliki beberapa fitur yang berbeda dari Twitter. Program microblogging ini diharapkan bisa menjadi pesaing Twitter. Meski mirip dengan Twitter, Instagram Threads sebenarnya memiliki beberapa fitur yang tidak ditawarkan oleh Twitter.

Apa itu aplikasi Threads Instagram?

Threads adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Instagram. Utas diposisikan sebagai aplikasi yang memungkinkan orang melakukan percakapan publik waktu nyata satu sama lain.

Bagi anda yang ingin mencoba thread, caranya cukup sederhana. Syarat utamanya adalah Anda memiliki akun Instagram.

Namun, jika Anda ingin menggunakan Threads, Anda harus mengunduh aplikasi baru terlebih dahulu. Jika mereka sudah masuk, daftar orang yang mereka ikuti di Instagram akan secara otomatis diimpor ke utas jika mereka mau.

Pengguna yang diverifikasi oleh Instagram juga diverifikasi di aplikasi baru. Pengguna dapat menyetel akun utas mereka ke pribadi atau publik. Cara membuat utas di Instagram

Meskipun Threads adalah aplikasi mandiri, pengguna dapat masuk dengan akun Instagram. Nama pengguna Instagram-nya akan tetap sama, tetapi profilnya dapat disesuaikan khusus untuk Utas.

Pengguna juga dapat memilih untuk mengikuti akun yang sama seperti di Instagram. Program ini memungkinkan pengguna untuk menjadi pribadi di Instagram tetapi publik di utas.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat utas di Instagram:

1. Setelah masuk ke aplikasi, ketuk Kirim di bagian bawah. 2. Tulis apa yang ingin Anda sertakan di utas pesan.
3. Untuk melampirkan foto atau video ke rantai, ketuk Lampirkan dan pilih hingga 10 item untuk dilampirkan. Di pojok kanan atas, klik Selesai (Android) atau Tambah (iPhone). 4. Ketuk Tambah ke utas untuk menambahkannya ke utas. Jika utas Anda lebih panjang dari 500 karakter, utas baru akan ditambahkan secara otomatis.
5. Jika Anda ingin mengubah cara membalas utas, ketuk Siapa pun dapat membalas di kiri bawah. Anda dapat membatasi siapa yang dapat membalas profil yang Anda ikuti atau hanya menyebutkan. Jika Anda membatasi jumlah balasan, utas Anda tidak akan dibagikan dengan banyak pengikut.

Perhatikan bahwa jika seseorang membalas utas Anda dan Anda menghapus utas Anda, balasan itu tidak akan dihapus. Jika profil pribadi yang tidak Anda ikuti membalas utas Anda, Anda tidak akan melihat balasan mereka.

Secara opsional, Anda dapat membagikan utas Anda ke Instagram dan aplikasi lain dengan mengetuk tombol kirim (pesawat) di bawah kiriman Anda.

Fitur Utas Instagram berbeda dari Twitter

1. Pengguna dapat mengunggah foto dan video hingga 5 menit

Salah satu fitur Instagram Threads yang berbeda dari Twitter adalah Threads memungkinkan pengguna mengunggah foto dan video.

Perbedaannya terletak pada jumlah foto dan panjang video, dengan Threads membatasi unggahan hingga 10 foto dan maksimal 5 menit video per posting.

2. Masukkan tombol fungsi tiga kali

Anda tidak perlu membuat banyak postingan, Anda bisa melanjutkan thread dengan menekan enter sebanyak tiga kali. Ini secara otomatis akan menggabungkan utas yang Anda buat.

3. Bagikan fitur di utas IG

Di IG Threads Anda dapat menggunakan fungsi berbagi dengan ikon pesawat. Anda dapat berbagi utas di media sosial lain seperti WhatsApp, Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

4. Bisa repost thread di IG Stories
Menariknya, karena Utas dibangun ke dalam Instagram, Anda dapat membagikan kiriman ke Cerita Instagram. Selanjutnya, tampilan berupa foto yang dapat diklik yang mengarah ke utas.

5. Fitur ikon Komentar dan Suka

Utas juga menyertakan deskripsi jumlah komentar dan suka untuk setiap posting. Hanya saja Threads tidak menampilkan berapa banyak postingan yang dilihat pengguna seperti yang dilakukan Twitter. 6. Buat utas pesan di tab khusus

IG Threads menawarkan tab khusus untuk membuat postingan dengan tab khusus di bagian bawah diapit oleh tab Pencarian dan Tindakan. Berbeda dengan Twitter yang menawarkan fungsi menulis dengan ikon pena untuk menulis postingan.

7. Kelola siapa yang dapat mengomentari utas Anda

Fitur utas Instagram berbeda dari Twitter karena Anda dapat mengontrol siapa yang dapat mengomentari utas Anda, yaitu. H. publik, mengikuti pengguna atau hanya menyebut orang. Dengan cara ini Anda dapat menentukan bahwa hanya orang tertentu yang mengomentari pesan tersebut.

8. Notifikasi pada tab Aktivitas.

IG Threads juga menggunakan ikon hati untuk notifikasi di tab Activity. Uniknya, notifikasi ini terbagi menjadi empat jenis: all, mentions, reply, dan confirm.

To Top