unik dan aneh

5 Cara Tingkatkan Kualitas Suara di Ponsel Android

5 Cara Tingkatkan Kualitas Suara di Ponsel Android

mixberita.com – Tak semua smartphone Android memiliki kualitas dan volume suara sebaik stereo. Hal itu tentunya membuat pengguna tak nyaman. Padahal, kualitas suara merupakan salah satu hal penting saat memilih smartphone. Namun jangan khawatir, seperti dikutip dari Android Pit, Sabtu (7/7/2016), rupanya ada beberapa cara untuk membantu Anda meningkatkan kualitas suara dan volume pada Android. Apa saja?

1. Lakukan Pengecekan Setting

Dengan pengecekan Setting, Anda bisa mengoptimalisasi pengalaman audio di smartphone Android. Sayangnya, tak semua tampilan antarmuka (user interface/UI) Android memiliki fungsi ini. Tetapi, bila perangkat kamu memilikinya, caranya cukup mudah. Misalnya pada TouchWiz Samsung, Anda perlu memasang perangkat audio, misalnya earphone. Kemudian, masuk ke Setting dan tap Sound, selanjutnya pilih Audio Setting. Anda bisa memiliki sejumlah pilihan untuk meningkatkan pengalaman audio.

Lain lagi dengan MIUI Xiaomi yang memiliki enhancer pada headphone-nya. Aktifkan enhancertersebut, kemudian Anda bisa memilih antara in-ear atau headphone normal. Sementara, UI Xperia memungkinkan Anda menggunakan pengaturan Clear Audio yang memiliki equalizer. Kemudian, masuk ke Setting, dengan Sense UI, Anda bisa mengaktifkan BoomSound yang bakal membuat suara lebih baik.

2. Install Aplikasi Musik

Anda juga bisa meningkatkan kualitas suara pada smartphone Android dengan aplikasi yang memiliki opsi audio control. Misalnya, Poweramp atau Equalizer+. Dua aplikasi ini memiliki serangkaian audio tweaks, preset, peningkatan fungsi bass, dan lain-lain. Equalizer+ menyediakan EQ five-band. Sedangkan Poweramp menawarkan EQ 10-band untuk meningkatkan kualitas pengalaman suara.

3. Speaker

Mengetahui letak speaker pada smartphone mungkin hal yang sangat sederhana. Namun hal itu cukup penting. Kebanyakan ponsel memiliki twin speaker grills namun seringkali, hanya satu yang memproduksi suara. Nah, bila speaker Anda terhalangi maka kualitas suara yang dihasilkan jadi kurang bagus. Untuk itu, Anda perlu menguji darimana asal suara di smartphone.

Bila sudah tahu, asal suara misalnya dari depan, belakang, atau ujung bawah ponsel, Anda bisa memutuskan bagaimana menempatkan Android agar speakernya tidak tertutup oleh tangan atau benda-benda lainnya.

4. Casing Smartphone Halangi Speaker

Kebanyakan orang senang menggunakan pelindung atau casing ponsel untuk melindungismartphone kesayangannya dari goresan. Namun, perlu diperhatikan apakah casing tersebut menutupi speaker? Karenanya, sebelum membeli casing smartphone, pastikan untuk mengecek bagian speaker smartphone tidak terhalangi casing.

5. Pergunakan Headphone

Mungkin sudah banyak orang tahu suara yang dihasilkan speaker kadang tak begitu bagus. Karenanya, pilihlah untuk menggunakan headphone agar mengurangi bising dari speaker.

To Top