Nasional

Dalam 24 Jam Sinabung Erupsi 3 Kali, Wisatawan Diimbau Jauhi Zona Merah

Dalam 24 Jam Sinabung Erupsi 3 Kali, Wisatawan Diimbau Jauhi Zona Merah

Mixberita. Aktivitas gunung api Sinabung mengalami peningkatan. Bahkan, dalam 24 jam terakhir, gunung Api Sinabung sudah erupsi tiga kali.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat erupsi terkahir terjadi pada pukul 00.23 WIB, Kamis (29/6/2017). Pada erupsi itu, Sinabung menyemburkan abu vulkanik setinggi 1000 dan lama gempa 118 detik.

Sebelumnya, erupsi terjadi pada pukul 13.37 WIB, Rabu 28 Juni 2017 dengan lama gempa 326 detik. Dan erupsi tercatat pada pukul 01.19 WIB, Rabu 28 Juni 2017. Sinabung menyemburkan abu vulkanik 800 meter dan lama gempa 77 detik.

unnamed_zpszesd57zm (2)

Mengingat Sinabung belakangan sering erupsi, BPBD mengingatkan masyarakat dan wisatawan agar tidak mendekati zona merah Sinabung yang sudah ditetapkan pemerintah. Sinabung terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Karo memiliki banyak tempat wisata. Pada Lebaran tahun ini, Kabupaten Karo tetap jadi primadona tempat wisata warga Sumatera Utara.

Salah satu tempat wisata yang paling dekat dengan Sinabung adalah Danau Lau Kawar. Jaraknya dari puncak Sinabung sekira 5 kilometer. Walaupun belum terdampak erupsi Sinabung, pemerintah terus mengimbau wisatawan agar tidak mengunjungi danau itu.

“Masyarakat dan wisatawan jangan melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Sinabung,” ucap Manajer Pusdalops BPBD Medan, Muhammad Yunus.

Dia menjelaskan, pihaknya terus memantau aktivitas gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu dari CCTV dan Thermal Cam milik PVMBG-Badan Geologi

To Top