Tips Mudik Aman, Berhenti dan Istirahat Setiap Empat Jam

Tips Mudik Aman, Berhenti dan Istirahat Setiap Empat Jam
Travel

Tips Mudik Aman, Berhenti dan Istirahat Setiap Empat Jam

                  

Mudik Aman, Disarankan Istirahat Setiap Empat Jam

mixberita.com – Saat musim mudik Lebaran, intensitas kecelakaan di jalan raya biasanya jadi meningkat. Hal ini tidak terlepas dari membludaknya jumlah kendaraan yang memenuhi sepanjang jalur mudik.

Dikatakan Kepala Datasemen Pengawalan PJR Korlantas Polri, Kombes Raden Heru Prakoso, kecelakaan lalu lintas saat mudik salah satunya dipicu oleh faktor kelelahan karena harus mengemudikan kendaraan dalam jarak jauh. Karenanya, Heru mengingatkan para pemudik agar beristirahat tiap empat jam sekali untuk mengembalikan kebugaran.

“Kapan harus beristirahat sebetulnya sangat bergantung pada kondisi pengemudi. Tapi disarankan tiap empat jam untuk beristirahat. Kalau sudah tua, baiknya kurang dari itu. Karena walau pun kita merasa kuat, kadang rasa kantuk bisa muncul tiba-tiba. Sepintas saja kehilangan kesadaran, itu sudah bisa berakibat fatal,” ujar Kombes Raden Heru Prakoso, di gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), di Jakarta, Jumat (1/7).

Bila ada beberapa anggota keluarga yang bisa mengemudikan kendaraan, ada baiknya tugas tersebut dilakukan secara bergantian. Tapi bila tidak ada, baiknya segera menepi tiap empat jam untuk mencari tempat beristirahat, misalnya di sejumlah posko mudik atau di rest area.

“Kalau memang ingin beristirahat di rest area, tidak boleh lebih dari satu jam karena bisa menyebabkan kemacetan. Nanti di setiap rest area juga akan ditempatkan petugas yang mengingatkan hal itu,” ujar Heru.

Yang juga penting, lanjut Heru, pastikan kondisi tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam keadaan penuh sebelum melakukan perjalanan mudik. Karena dikhawatirkan kondisi rest areadan SPBU dalam keadaan penuh, sehingga sulit melakukan pengisian BBM.

Komentar
To Top