luar negeri

Terbunuhnya Tokoh Revolusi Meksiko, Emiliano Zapata

Terbunuhnya Tokoh Revolusi Meksiko, Emiliano Zapata

Mixberita. Satu tokoh penting di revolusi Meksiko adalah seorang pria bernama Emiliano Zapata. Ia menjadi inspirasi pergerakan Zapatismo. Sejarah mencatat 10 April sebagai hari di mana Zapata tewas ditembak.

Emiliano Zapata Salazar lahir di Desa Anenecuilco, Negara Bagian Morales, pada 8 Agustus 1879. Sebagaimana dikutip dari History.com, Senin (10/4/2017) Zapata dipaksa bergabung dengan tentara Meksiko pada 1908 atas usahanya untuk mengembalikan lahan milik desa yang diambil alih oleh pengusaha peternakan.

Namun Zapata bangkit usai revolusi pecah pada 1910, ia membuat pasukan yang berisi para petani asal wilayah Morelos. Dengan slogan “Tanah dan Kebebasan”, mereka mengobarkan perlawanan terhadap pemerintah Meksiko di bawah kepemimpinan Francisco Madero, yang dilanjutkan oleh Victoriano Huerta dan Venustiano Carranza.

unnamed (1)

Francisco Madero menyebut kelompok pimpinan Zapata sebagai barisan bandit. Pada November 1911, Zapata membuat dokumen yang dinamakan Plan de Ayala yang menyerukan reformasi tanah yang substansial.

Geram dengan pembuatan dokumen tersebut, Madero kemudian mengirimkan Tentara Federal untuk menghancurkan pergerakan Zapata yang dikenal dengan istilah Zapatista di Morelos. Tidak kira-kira, mereka menggunakan kebijakan pembumihangusan. Para tentara membakar desa dan memaksa para pria desa bergabung dengan tentara atau mengirim mereka ke kamp kerja paksa.

Namun strategi tersebut malah semakin menguatkan posisi Zapatista di mata para petani. Pasukan Zapata akhirnya berhasil mengusir tentara Madero dari Morales.

To Top