Nasional

Presiden Jokowi Senang Kembali Bersua dengan Presiden Duterte

Presiden Jokowi Senang Kembali Bersua dengan Presiden Duterte

Mixberita. Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengaku senang dapat bersua kembali dengan Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte. Keduanya sempat bertemu ketika Duterte mengunjungi Jakarta pada September 2016.

“Merupakan kehormatan bagi saya dapat melakukan kunjungan balasan ke Manila. Selamat atas keketuaan Filipina di ASEAN tahun ini, di mana ASEAN berusia 50 tahun,” ucap Presiden Jokowi saat memberikan sambutan di Istana Malacanang, Manila, mengutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri RI, Jumat (28/4/2017).

Kunjungan ke Istana Malacanang merupakan agenda pertama kunjungan Presiden Jokowi ke Filipina untuk menghadiri KTT ke-30 ASEAN. Kunjungan kali ini juga merupakan kunjungan kedua bagi mantan gubernur DKI Jakarta itu ke Filipina setelah kunjungan di masa pemerintahan Presiden Benigno Aquino III pada 2014.

unnamed_zpszesd57zm (2)

Presiden Jokowi menilai Indonesia dan Filipina memiliki hubungan kemitraan yang sangat kukuh. Negeri Lumbung Padi merupakan mitra dagang terbesar kelima di ASEAN. “Saya yakin pertemuan kita hari ini akan memberikan nilai tambah bagi upaya penguatan hubungan bilateral ini,” ungkap Presiden Jokowi.

Mantan wali kota Surakarta itu tiba di Istana Malacanang sekira pukul 15.50 waktu setempat dan langsung disambut oleh Presiden Duterte dengan upacara kenegaraan. Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

To Top