Nasional

Presiden Jokowi Resmi Lantik Lima Gubernur & Wagub di Istana Negara

Presiden Jokowi Resmi Lantik Lima Gubernur & Wagub di Istana Negara

Mixberita. Pr‎esiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik lima kepala daerah terpilih di Pilkada serentak yang dilaksanakan pada 15 Fevruari 2017.

Pelantikan dilakukan setelah Kepala Negara melakukan kirab budaya dengan mengarak-arak kepala daerah terpilih dari Istana Merdeka menuju Istana Negara dengan diiringi drum band oleh Paspampres.

Adapun kepala daerah yang dilantik Presiden Jokowi adalah Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim-Andika Hazrumy‎, Gubernur dan Wakil Gorontalo Rusli Habibi-Idris Rahim, dan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny‎.

Selanjutnya, Kepala Negara juga melantik ‎Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman-Abdul Fatah, Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat‎ Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani.

Presiden Jokowi juga melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau, yang dipilih DPRD Provinsi Riau. Posisi Wakil Gubernur Riau kosong sejak Annas Maamun tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi APBD Riau, pada tahun 2014.

“Sebelum mengucapkan janji sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. Terlebih dahulu saya bertanya kepada saudara-saudara. Apakah bersedia kah diambil sumpah jabatan,” kata Jokowi di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017).

“Bersedia,” jawab para kepala daerah tersebut.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan itu pun dilakukan dengan cara mengambil sumpah berdasarkan kepercayaannya masing-masing dengan berjanji untuk menjadi kepala daerah yang adil dan baik serta memegang teguh UUD 1945 dan peraturan lainnya.

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, sejumlah menteri dan kepala lembaga negara hadir di lokasi.‎ Tak hanya itu, pelantikan kepala daerah ini juga dihadiri Presiden kelima Megawati Soekarnoputri.

Daftarkan diri anda secara GRATIS bersama kami MIXBOLA.COM

Nikmati promo bonus new member 10% dan bonus cashback mingguan 5% dan berbagai bonus menarik lain-nya untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami yang siap membantu anda 24 jam

To Top