Perangkat Mobile Wi-Fi Mampu Optimalkan Speed Internet Kamu

                  
Travel

Perangkat Mobile Wi-Fi Mampu Optimalkan Speed Internet Kamu

Perangkat Mobile Wi-Fi Mampu Optimalkan Speed Internet Kamu

Mobile Wi-Fi Memaksimalkan Jaringan Internet

mixberita.com – Internet sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Itu sebabnya, tak sedikit dari kita rela mengeluarkan uang lebih untuk memaksimalkan jaringan internet melalui perangkat mobile wi-Fi.

Perangkat penghasil jaringan internet ini, belakangan sudah menjadi barang umum yang dimiliki oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan internet di Tanah Air terbilang sangat tinggi, bahkan menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter (penjelajah dunia maya) Indonesia mencapai 83,7 juta orang pada 2014, dan kecenderungan ini terus meningkat sampai saat ini.

Sementara itu, menurut data We Are Social ada kenaikan pengguna internet di Indonesia selama setahun, mulai Januari 2015 sampai Januari 2016, yakni sekitar 15 persen. Penggunaan internet yang terus berkembang ada pada media sosial, meskipun tak sebanyak kenaikan pengguna internet, pengguna media sosial yang aktif bertambah sekitar 10 persen dari Januari tahun lalu.

Nah, yang menarik dari besaran data penggunaan internet tersebut ialah pada proses bagaimana netter mendapatkan akses internet yang berkualitas. Tak dipungkiri kadang kala labilnya jaringan internet pada ponsel menyulitkan pengguna. Itu sebabnya akses internet melalui wi-fi atau perangkat mobile wi-Fi kini kian digemari oleh masyarakat, sebagai back up sekaligus tambahan akses jaringan internet.

Modem yang sudah mendukung jaringan 4G, menjadi salah satu syarat pemilihan perangkat ini tentunya. Karena dengan modem 4G bisa lebih menjamin akses internet cepat terpenuhi. Bagi yang sedang mencari perangkat mobile wi-fi terbaik, berikut beberapa yang direkomendasikan.

1. Andromax M3Y dan M3Z

Smartfren baru-baru ini merilis dua MiFi terbaru yaitu M3Y dan M3Z. Keduanya ditawarkan dengan teknologi 4G LTE Cat 4, yang secara teori bisa memberi kecepatan hingga 150 Mbps. Kedua modem tersebut merupakan penerus dari modem seri M2Y, M2P, dan M2S.

Secara spesifikasi, M3Y dan M3Z benar-benar sama. Spesifikasinya berupa chipset Qualcomm MDM 9307, diklaim bisa dipakai hingga 32 pengguna dalam waktu bersamaan, baterai 3.000 mAh, slot microSD hingga 32 GB dan bisa dijadikan memori penyimpanan nirkabel. “Chipset yang dipakai kali ini sudah Qualcomm, dan ini punya kelebihan berupa manajemen daya yang lebih bagus. Selain itu ditambah baterai 3.000 mAh, lebih besar dari seri sebelumnya, sehingga durasi pemakaian lebih lama,” terang Division Head Smartphone Business Smartfren, Sukaca Purwokardjono dalam peluncurnan produknya di Jakarta.

“Bedanya M3Y dan M3Z ini soal pembuat dan desain saja. Kalau M3Y dibuat oleh Haier, M3Z dibuat oleh ZTE,” imbuhnya. Pengguna yang ingin mendapatkan MiFi Andromax M3Y dan M3Z bisa membelinya melalui berbagai toko offine serta Galeri Smartfren. Sedangkan harga bandrol kedua produk ini berkisaran 299.000 rupiah.

2. Mifi Sierra 760S 4G LTE

Modem yang satu ini, tidak terikat oleh satu provider. Anda bisa merubah provider apapun sesuai keinginan Anda. Selain itu, konektivitas jaringan pada modem ini mendukung 3G dan 4G. dari sisi spesifikasi modem ini menggunakan otak Chipset Qualcomm MDM9200, juga dilengkapi dengan LED indikator sehingga memudahkan dalam penggunaan. Kapasitas baterai 2000mAh, dan slot memori hingga 32 GB, bagi yang tertarik modem ini dijual dengan kisaran harga 500.000-an rupiah.

3. Bolt Wifi Slim 2

Sesuai namanya, modem ini berukuran 93,5 X 57,1 X 14,4 mm, cukup tipis dari pada modem kebanyakan. Lalu juga ringan yaitu hanya memiliki bobot sekitar 82 gram yang sudah termasuk dengan baterainya. Selain itu dari sisi desainya pula perangkat ini memiliki tampilan yang khas, dengan layar kecil di bagian tengahnya.

Selanjutnya dari sisi kemampuan konektivitas, modem yang memiliki harga jual sekitar 600 ribu rupiah, support 4G LTE Cat 5 di frekuensi 1800MHz (XL, Telkomsel, Indosat) dan 2300 MHz (Bolt dan Smartfren, kapasitas baterai 1500mAh, mampu berbagi jaringan internet sampai 10 pengguna.

4. Huawei E3372H

Modem ini berbentuk USB namun dapat digunakan sebagai penyedia jaringan wiFi dengan menghubungkannya dengan daya listrik via slot USB yang terdapat pada perangkat komputasi. Modem ini dapat menjadi alternatif pilihan modem USB yang mendukung 4G namun ingin pula digunakan sebagai WiFi.

Modem ini juga mendukung jaringan 3G sehingga dapat digunakan ketika tidak tersedia jaringan 4G.

Kelebihan lainnya yaitu mudah dalam penggunaan dan juga tersedia konektor antena tambahan apabila jaringan tidak mendukung. Hal ini sangatlah berguna, khususnya bagi mereka yang tinggal di pedesaan atau tempat yang jaraknya lebih dari 3 kilometer dari BTS terdekat.

Selanjutnya seperti kebanyakan modem yang beredar sekarang ini, modem yang memiliki harga jual 400 ribuan rupiah ini memiliki dua buah ruang kecil yang memiliki fungsi berbeda. Ruang pertama adalah sebuah ruang yang pastinya akan Anda temukan di setiap modem USB yakni sebuah slot untuk kartu SIM berukuran normal (bukan nano ataupun micro). Kemudian pindah ke ruangan kedua, Anda dapat menemukan sebuah slot untuk memori MicroSD.

5. Advan JR-108

Advan JR108 adalah router Mifi murah yang sanggup berbagi koneksi internet sampai 8 users. Modem ini telah mendukung Chipset Qualcomm 6290, lalu modem menyuguhkan koneksi hingga 5,76Mbps, dan jika Anda mendownload file berupa musik, video Anda akan diberikan kecepatan download hingga 7,2 Mbps. Untuk konektivitas nya pun sudah menggunakan frekuensi GSM/ GPRS/ EDGE/ UMTS 850/900. Harga jual dari perangkat ini, sekitar 350 ribu rupiah.

6. Alcatel Y853

Modem Alcatel Y853 merupakan Modem Mifi Portable Hotspot 4G LTE Unlock Semua Provider dengan desain yang elegan. Apabila Anda membelinya, maka secara otomatis mendapatkan dua bamper pengganti berbahan silicon yang dipasang dipinggir modem. Selain itu, modem yang dibanderol sekitar 500 ribu rupiah ini, juga mendukung baterai berkapasitas 1500 mAH, jaringan 4G dan 3G, slot SIM Card Micro SD dan lain sebagainya. 

Komentar
To Top