Nasional

Penjara Brasil Bobol, 82 Tahanan Melarikan Diri Lewat Terowongan

Penjara Brasil Bobol, 82 Tahanan Melarikan Diri Lewat Terowongan

Mixberita. Hampir 100 tahanan berhasil melarikan diri dari penjara di Negara Bagian Rio Grande do Norte di Brasil dengan menggali terowongan di bawah tembok luar penjara. Sempai saat ini, hanya sedikit dari mereka yang telah berhasil ditangkap kembali oleh pihak berwenang.

“Pada Kamis, 25 Mei, 91 tahanan kabur dari Penjara Parnamirim itu melalui terowongan bawah tanah sepanjang 30 meter,” demikian keterangan yang disampaikan Menteri Kehakiman dan Kependudukan Negara Bagian Rio Grande do Norte yang dilansir dari Russia Today, Sabtu, (27/5/2017).

Para tahanan memicu bentrokan di dalam penjara untuk mengalihkan perhatian para penjaga. Meski tidak ada korban, kesempatan yang muncul dari kerusuhan itu digunakan para tahanan untuk kabur.

unnamed_zpszesd57zm (2)

Mereka kemudian membuang seragam putih biru penjara dan berganti baju di dekat pintu keluar terowongan. Dengan bantuan setidaknya dua mobil dan sebuah sepeda motor, para tahanan melanjutkan pelarian mereka.

Sampai berita ini diturunkan, pihak berwenang dilaporkan baru dapat menangkap sembilan dari 91 tahanan yang kabur.

Ini adalah pelarian kedua yang terjadi di penjara yang sama pada tahun ini. Departemen Kehakiman dan Kependudukan menyebutnya sebagai salah satu pelarian terhebat dalam sejarah negara bagian itu. Pada Januari 2017, 14 tahanan berhasil melarikan diri dari fasilitas tersebut, dengan cara yang sama, melalui terowongan bawah tanah.

Penjara Parnamirim memiliki kapasitas untuk 436 tahanan namun diketahui menampung 589 tahanan sebelum kejadian tersebut. Pemburuan skala besar digelar seiring dengan penyelidikan yang dilakukan terkait kaburnya para tahanan

To Top