Nasional

Netizen Sorot Berita 3 Tahun SBY Belum Kembalikan Mobil Dinas Kepresidenan

Saat ini sedang ramai soal mobil Presiden Joko Widodo yang mogok di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (18/3) lalu. Ternyata di balik kisah mogoknya mobil Jokowi itu, tersimpan cerita soal Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono yang belum mengembalikan mobil milik negara.

Hal itu dijelaskan oleh Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala. Menurut dia, SBY meminjam mobil Kepresidenan sejak Jokowi dilantik secara resmi menjadi Presiden pada Oktober 2014. Mobil tersebut adalah Mercedez Bens S600.

“Ya jadi itu statusnya mobil beliau (SBY) dipinjamkan. Beliau minjam. Dipinjam seusai pelantikan Pak Jokowi jadi Presiden. Beliau masih butuh itu (mobil),” kata Djumala.

Namun, ia memastikan bahwa saat ini SBY sudah menyampaikan rencana untuk mengembalikan mobil tersebut.

“Tapi saat ini sudah ada rencana untuk dikembalikan mobil itu. Stafnya Pak SBY sudah berkomunikasi soal pengembalian,” lanjut dia.

Serah terima jabatan dari SBY ke Jokowi sendiri sudah berlangsung sejak 20 Oktober 2014 lalu. Untuk prosedur pengembalian, dijelaskan Djumala, surat dari staf SBY nantinya ditujukan kepada Kementerian Sekretariat Negara.

“Setelah dari Setneg kemudian baru kita terima,” ucap Djumala.

Setelah mobil itu tiba di istana akan ada prosedur pengecekan selayaknya mobil presiden. Baik itu dari segi keamanan maupun mesinnya.

“Biasanya kalau untuk dipakai presiden itu harus standar security. Diservis lagi. Standar lah. Ya pasti kita lakukan. Sudah ada rencana,” tuturnya.

To Top