Nasional

Lembaga Survei, Popularitas Ahok dengan Yusril Beda Tipis

mixberita.com – Hasil survei dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) menyebutkan popularitas bakal calon Gubernur DKI Jakarta petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat ini mulai dibayang-bayangi atau beda tipis dengan popularitas Yusril Ihza Mahendra.

“Popularitas Ahok masih teratas dengan hasil 23 persen, sedangkan di bawahnya berturut turut adalah Yusril Ihza Mahendra 19 persen, Tri Rismaharani 6,9 persen, Sandiaga Uno 6,3 persen dan Djarot Saiful Hidayat 3,7 persen,” ujar Direktur Riset LSPI, Zulfan Haris melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (03/6/2016) malam.

Zulfan mengatakan hasil itu diperoleh melalui survei tatap muka yang dilakukan pada tanggal 22-27 Mei 2016 terhadap 440 responden, yang tersebar di DKI Jakarta, dengan metode multistage random sampling dan margin of error sebesar 4,8 persen pada tingat kepercayaan 95 persen.

Melalui hasil survei juga diketahui tingkat keterpilihan atau elektabilitas para bakal kandidat antara lain Ahok memimpin dengan 36,4 persen, Yusril 29,8 persen, Rismaharani 9,5 persen dan Sandiaga Uno 2,5 persen. Sedangkan 21,8 persen responden menyatakan belum memutuskan untuk memilih.

“Dengan hasil itu, peluang penantang Ahok untuk menang dalam pilkada DKI Jakarta cukup terbuka,” papar Zulfan.

Menanggapai hasil survei LSPI, Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik dan Kebijakan Strategis Ahmad Nasuhi menyatakan tren tersebut patut dicermati oleh Ahok selaku calon petahana.

Nasuhi menilai isu-isu menyangkut nama baik Ahok yang bergulir belakangan ini turut berpengaruh terhadap elektabilitas Ahok sehingga patut diantisipasi.

Lembaga Survei, Popularitas Ahok dengan Yusril Beda Tipis
To Top