Junior Firpo Akan Mulai Laga Dimusim Ini Bersama Barcelona

                  
Sport

Junior Firpo Akan Mulai Laga Dimusim Ini Bersama Barcelona

Barca mengumumkan perekrutan Firpo pada Minggu (04/08/2019) siang waktu setempat. Ia didatangkan dengan bandrol mencapai 18 juta euro.

Namun ada juga tambahan sebesar 12 juta euro. Barca mengontrak defender berusia 22 tahun tersebut selama lima tahun.

Barca juga mematok klausul rilis yang besar kepada pemain Timnas Spanyol U-21 ini. Tim-tim ingin menggunakan jasanya harus menebusnya sebesar 200 juta euro.

“FC Barcelona dan Real Betis telah mencapai kesepakatan untuk transfer Junior Firpo dengan jumlah 18 juta euro ditambah 12 juta euro dalam banyak variabel.”

“Pada hari Minggu, pemain akan menemani, selama Kongres Dunia Penas, pemain tambahan baru lainnya untuk skuad tim utama untuk musim 2019/20; hari pertama Junior Firpo sebagai blaugrana.” Demikian pernyataan resmi dari Barcelona.

Pemain kelahiran 22 Agustus 1996 ini adalah seorang bek kiri yang sangat menjanjikan. Lahir di Santo Domingo, Republik Dominika, Junior pindah ke Malaga saat masih berusia enam tahun. Di sana ia bermain untuk berbagai klub lokal seperti Atletico Benamiel dan Puerto Malagueno.

Pada musim panas 2014, ia bergabung dengan Real Betis dan berhasil menembus kategori youth di klub tersebut. Pada 12 Februari 2018, ia melakukan debut tim pertamanya melawan Deportivo la Coruna, dan, sebagai starter, menjadi kunci dalam kemenangan 1-0 di Riazor. Sejak saat itu, ia bermain hampir setiap pertandingan hingga akhir musim liga.

Pada musim 2018/19, ia bermain di 29 pertandingan (24 di liga, empat di Liga Europa dan satu di Copa del Rey) dan mengemas tiga gol. Gol-gol itu tercipta saat melawan Celta Vigo, lalu saat melawan di Camp Nou dan membantu timnya menang 3-4 atas Barca, serta saat melawan Real Sociedad. Firpo juga menyumbangkan lima assist.

Firpo memang lahir di Republik Dominika. Akan tetapi ia bermain untuk timnas Spanyol U-12. Ia adalah bagian dari skuad yang memenangkan Kejuaraan Eropa U21 pada 2019, dan, sebagai pemain kunci, memainkan tiga pertandingan di turnamen tersebut.

Firpo jelas akan menjadi pesaing yang berat bagi Jordi Alba di Camp Nou. Ia nanti akan bergabung dengan pasukan Barca untuk tur pra-musim mereka di Amerika Serikat.

Di sana Barcelona akan bermain melawan Napoli. Sebelum itu Blaugrana akan bermain melawan Arsenal untuk memperebutkan trofi Joan Gamper. Ada peluang Junior Firpo akan menjalani debutnya di laga-laga ini.

To Top