Nasional

Jejak Perampok Ramlan Butarbutar Juga Terlacak di Sukabumi

Jejak Perampok Ramlan Butarbutar Juga Terlacak di Sukabumi

Mixberita. Selain di Pulomas dan Jawa Tengah, jejak-jejak kelam Ramlan Butarbutar perampok sadis ini terekam di Sukabumi, Jawa Barat. Pria yang disebut kapten perampokan ini melakukan rangkaian kejahatan spesialis penyekapan di toilet.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur mengungkapkan Ramlan dan komplotannya yang berjumlah 5 orang itu tercatat melakukan enam kali kejahatan di Sukabumi sepanjang tahun 2007 silam.

Berdasarkan data Polres Sukabumi Kota, Ramlan Cs beraksi pertama di Jalan Pelabuan II nomor 116 Kota Sukabumi pada 26 Maret 2007. Kedua, Gudang PT Subur Jaya Makmur Lestari Jalan Pabuaran nomor 51 Kota Sukabumi pada 30 Mei 2017. Ketiga, Jalan Jenderal Sudirman nomor 41 Kota Sukabumi pada 10 Agustus 2007.

Selanjutnya, di Jalan Pelabuan II nomor 287 Kelurahan Cikondang Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi pada 20 September 2007. Kelima, Kompleks Duta Parigi Jalan Parigi RT. 05/08 nomor 61 Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi pada 3 Oktober 2007 dan terakhir beraksi di Cisadea nomor 2 RT 01 RW 08 Kelurahan Kebon Jati Kecamatan Cikole Kota Sukabumi pada 23 Nopember 2007.

“Informasi dari anggota yang menangani kasus itu, mereka kerap bergerombol setiap melakukan aksinya. Aksi yang mereka lakukan pada Jumat 23 November 2007 silam menjadi aksi terakhir mereka di wilayah hukum kita. Mereka kita tangkap berikut senjata api yang dipakai untuk mengancam korban,” kata Rustam kepada detikcom Sabtu (31/12/2016).

Dalam kejadian tersebut, personel Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) mengamankan, Ramlan Butarbutar, Erwin Situmorang, Lindung Tampubolon, F Leonard Marpaung, Saidi Ambri Napitupulu, Wartho Luki Purba, Luhut Toga Torup, dan Henok Silaen.

Polisi juga mengamankan tiga buah senjata api (Senpi) masing-masing jenis FN kaliber 9 mm, senpi jenis S & W kaliber 38 mm dan senpi jenis Baretta kaliber 9 mm. Rustam menjelaskan modus Ramlan saat beraksi di Sukabumi mirip seperti perampokan di rumah mewah Ir Dodi di Pulomas, Jakarta Timur.

To Top