Nasional

Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Ali Mustofa Yaqub Wafat

mixberita.com – Mantan imam besar Masjid Istiqlal KH Ali Mustafa Yaqub menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Hermina, Jakarta, Kamis (28/4).

Kabar meninggal Ali Mustafa tersebut dikonfirmasi oleh Sekretaris Fatwa Majelis Ulama Indonesia, Asrorun Niam, yang sekaligus menyatakan belasungkawa atas kepergian sang imam besar.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah guru kita Prof KH Ali Mustafa Yaqub pukul 06.00 WIB di Rumah Sakit Hermina, Semoga amal baik beliau diterima di sisi Allah SWT dan diampuni dosa-dosanya,” kata Asrorun lewat pesan singkatnya.

Ali Mustafa mengakhiri perjalanan hidupnya di usia 64 tahun. Pria kelahiran Kemiri, Batang itu juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Fatwa MUI.

“Dia juga dikenal sebagai salah satu ulama Indonesia ahli hadis yang aktif mendakwahkan Islam moderat hingga ke mancanegara,” kata Asrorun.

Ulama moderat itu pernah menjadi tuan rumah yang memandu para pemimpin dunia saat berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan istrinya Michelle Obama pernah diajak berkeliling masjid terbesar di Asia Tenggara itu.

Kepergian Ali Mustafa menjadi kabar duka bagi khalayak terutama bagi mereka yang sudah cukup mengenal sosoknya. Wakil Presiden Jusuf Kalla pun turut berbelasungkawa melepas kepergian sang imam besar.

“Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Duka cita mendalam atas wafatnya KH Ali Mustafa Yaqub (Imam Besar Masjid Istiqlal). Semoga Husnul Khotimah,” ujar Jusul Kalla melalui akun Twitter resminya.

Mantan Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni mengenal sosok Ali Mustafa sebagai imam besar yang tegas namun tetap berlaku sesuai dengan aturan. Menurutnya, orang banyak tak bisa membedakan antara sikap tegas dan keras yang ditunjukkan oleh Ali Mustafa.

“Dia orangnya baik. Ketika saya menjadi menteri, saya lah yang mengangkat Yaqub sebagai imam besar Masjid Istiqlal,” ujar Maftuh saat dikonfirmasi

Imam Besar Masjid Istiqlal KH. Ali Mustofa Yaqub Wafat
To Top