Nasional

Gempa Aceh Cukup Keras, Masyarakat Berhamburan Keluar Rumah

Gempa Aceh Cukup Keras, Masyarakat Berhamburan Keluar Rumah

Mixberita. Aceh diguncang gempa cukup keras berkuatan 5 Skala Richter. Akibatnya, Masyarakat panik dan berlari keluar rumah. “Sebagian masyarakat Gayo Leus sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Guncangan dirasakan keras karena pusat gempa di darat dan dangkal,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (29/5/2017).

Menurut Sutopo, beberapa daerah di Provinsi Aceh merasakan kekuatan gempa. Hal itu bisa dilihat dari peta gempa. “Berdasarkan peta gempa, dirasakan di Gayo Leus II-III MMI, Bener Meriah II-III MMI dan Bireun II-III MMI,” ujar Sutopo.

unnamed_zpszesd57zm (2)

Belum ada laporan terkait dampak gempa. Namun, gempa diperkirakan tidak memberikan kerusakan yang signifikan.  “BPBD Galo Leus masih melakukan pendataan. Jika mengacu pada peta gempa dirasakan diperkirakan gempa tidak memberikan dampak merusak secara signifikan,” kata Sutopo.

Provinsi Aceh diguncang gempa pagi ini, pukul 04.54 WIB. Lokasi gempa terjadi di Provinsi Aceh, 27 KM barat laut Gayo Lues, 44 KM Aceh Barat Daya, dan 53 KM tenggara Aceh Tengah. “Gempa tidak berpotensi tsunami,” ucap Sutopo.

To Top