Nasional

Semua Fraksi DPR RI Telah Sepakat Komjen BG Calon Kapolri

mixberita.com – Mayoritas fraksi di DPR RI tetap konsisten mendukung Komjen (Pol) Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri jika Presiden Joko Widodo mengajukan nama dia. Apalagi, BG sudah pernah menjalani uji kepatutan dan kelayakan dan semua fraksi dalam sidang paripurna ketika itu mendukungnya.

Anggota Komisi III DPR dari FPKB, Jazilul Fawaid menegaskan, jika Presiden Jokowi mengajukan nama Komjen (Pol) Budi Gunawan, maka FPKB DPR RI akan mendukung langkah tersebut untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti, yang memasuki masa pensiun pada Juli 2016 mendatang.

Dikatakan, Komjen BG secara hukum sudah clear and clean (jelas dan bersih) dari berbagai kasus hukum yang dituduhkan kepadanya setahun lalu melalui praperadilan.

“Jadi, kalau Presiden Jokowi mengajukan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai calon Kapolri menggantikan Badrodin Haiti, maka FPKB DPR RI akan mendukung. Kalau masih ada yang mengaitkan kasus hukum sebelumnya, putusan praperadilan bisa dijadikan dasar pertimbangan. Dengan keputusan itu, seharusnya sudah tidak ada lagi keraguan untuk Komjen BG,” kata Jazilul Fawaid pada wartawan di di Jakarta.

Selain itu, kata Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran (IKAPTIQ) itu, Komjen BG sudah lulus uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI.

Komisi III DPR saat itu sudah menyetujui agar Komjen BG dilantik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal (Pur) Sutarman.

Waktu itu, lanjut Jazil, sapaan akrab mantan Sekretaris FPKB DPR RI itu, delapan fraksi yakni FPDIP, Fraksi partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, F-PKS, F-PKB, Fraksi Partai NasDem, Fraksi Partai Hanura, dan F-PPP sudah menyetui keputusan tersebut.

Hanya Fraksi Partai Demokrat dan F-PAN yang meminta DPR menunda persetujuan tersebut, karena tersandung kasus hukum.

“Tapi, setelah putusan praperadilan itu, saya kira semua fraksi di DPR RI akan mendukung Komjen BG sebagai Kapolri,” ujarnya.

Paripurna DPR RI sendiri digelar pada Kamis (15/1/2015) silam, di mana secara mufakat sudah menyetujui Komjen BG sebagai Kapolri menggantikan Jenderal (Pol) Sutarman.

Dengan demikian, kata Jazil, tidak ada alasan bagi DPR RI untuk menolak pencalonan Komjen BG sebagai Kapolri. Hanya saja hal itu akan tergantung kepada sikap Presiden RI.

“Kalau Presiden Jokowi mengajukan Komjen (Pol) BG untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti, maka DPR RI akan mendukung,” kata dia.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR, Marsiaman Saragih mengingatkan sikap 10 fraksi di Komisi III DPR pada awal Januari 2015, yang secara aklamasi telah menyetujui calon tunggal yang diajukan Presiden Jokowi, yaitu Komisaris Jenderal(Komjen) Budi Gunawan.

“Saya hanya mengingatkan proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR tahun lalu, 10 fraksi secara bulat, 100 persen memilih Budi Gunawan sebagai Kapolri,” kata politisi senior PDIP ini.

Namun kemudian, kata dia, Budi Gunawan gagal menjadi Kapolri dan ditunjuk sebagai Wakil Kapolri.

Jika mengacu kepada sikap 10 fraksi di Komisi III DPR sebelumnya, mestinya Budi Gunawan juga yang diajukan sebagai calon Kapolri.

Apalagi kalau melihat kinerja Budi Gunawan sebagai Wakil Kapolri, tidak ada hal-hal yang aneh, yang dianggap menjadi ganjalan dia.

Begitu juga selama berduet dengan Badrodin Haiti, tidak ada hal yang mengganggu hubungan antara Wakil Kapolri dengan Kapolri.

“Duet Badrodin Haiti-Budi Gunawan selama ini bagus-bagus saja, tidak ada masalah,” ujarnya.

Karena itu Marsiaman lebih setuju jika calon Kapolri ini dikembalikan kepada sikap fraksi di Komisi III DPR yang sudah pernah memiih Budi Gunawan sebagai Kapolri. “Kembalikan saja seperti keputusan Komisi III DPR dulu,” katanya.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul mengatakan, fraksinya siap mendukung siapa saja calon yang diajukan Presiden untuk menjadi Kapolri.

“Presiden akan mengirim satu nama dan kami siap mendukung, karena itu hak prerogatif beliau. Kita tunggu saja siapa yang dikirim oleh Presiden,” kata dia.

Empat Nama
Saat ini, ada empat nama yang bakal gantikan Badrodin Haitiyakni Budi Gunawan, Budi Waseso, Putut Eko Bayuseno dan Syafruddin.

“Dari keempat nama itu, Budi Gunawan sangat layak menjadi Kapolri. DPR RI pun sudah menyetujui dia. Karena itu, tak ada alasan lagi bagi DPR untuk menolak BG dan bagi Presiden untuk segera melantik dia,” kata Ketua Presidium IPW, Neta Pane.

IPW juga mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk tidak ragu menjadikan BG sebagai pucuk pimpinan tertinggi di tubuh korps baju cokelat tersebut.

Ia juga meminta Presiden segera menetapkan calon Kapolri yang dianggap layak sehingga tidak ada spekulasi yang pada akhirnya memicu keributan.

“Dan yang terutama Presiden harus menghormati DPR RI yang sudah merekomendasikan nama Budi Gunawan sebagai calon Kapolri,” katanya.

Semua Fraksi DPR RI Telah Sepakat Komjen BG Calon Kapolri
To Top