Cara Mengatasi Smartphone Android yang Tiba-tiba Mati Total

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Mati Total
Travel

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Tiba-tiba Mati Total

                  

mixberita.com – Cara Mengatasi Smartphone Android yang Mati Total. Meskipun dibeli dengan harga yang cukup mahal, namun smartphone merupakan perangkat yang rentan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya ialah cacat produksi, kelalaian dari si pengguna, baik jatuh atau terkena air, ataupun memang sudah berumur.

Jika Anda menemui smartphone yang mati total secara tiba-tiba, hendaknya tidak perlu khawatir. Pasalnya, smartphone tersebut belum tentu rusak, kadang kala Anda membutuhkan beberapa trik untuk menghidupkan smartphone kembali. Bagaimana caranya ? simak ulasannya berikut ini.

Charge smartphone

Cara-Mengatasi-Smartphone-Android-yang-Mati-Total-1

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat kita tak menyadari smartphone mati karena kehabisan daya. Ketika menghidupkannya kembali, smartphone pun tidak mau menyala. Untuk mengatasi hal ini, lakukan pengisian daya baterai. Biarkan selama beberapa menit, sekitar 15 hingga 20 menit agar baterai dari ponsel tersebut terisi. Kemudian, nyalakanlah kembali dengan menekan tombol Power.

Cabut baterai

Cara-Mengatasi-Smartphone-Android-yang-Mati-Total-2

Selain ponsel kehabisan daya, masalah lainnya yang sering dihadapi ialah proses booting yang cukup lama atau kamera bootloop. Trik yang dapat Anda lakukan ialah dengan mencabut baterai. Namun untuk smartphone dengan baterai tanam, biasanya produsen akan menyediakan sebuah tombol untuk mematikan ponsel secara paksa. Caranya dengan menekannya lebih lama, sekitar 20 hingga 30 detik.

Layar gelap atau hitam

Cara-Mengatasi-Smartphone-Android-yang-Mati-Total-3

Smartphone Android yang mati total lainnya ialah layar ponsel yang berubah menjadi gelap atau hitam. Penyebabnya pun beranekaragam, diantaranya ialah sering dikantongi di saku celana yang sempit atau tertekan badan ketika dibawa tidur. Namun, ketika ada panggilan masuk, smartphone pun akan berbunyi. Nampaknya layar dari smartphone pun memang mengalami suatu masalah, sehingga harus dibawa ke service center untuk mendapatkan penanganan.

Lakukan Factory Reset dari Recovery Mode

Cara-Mengatasi-Smartphone-Android-yang-Mati-Total-4

Selain masalah baterai, smartphone yang mengalami booting lama kemudian mati lagi dapat disebabkan oleh perangkat lunak. Hal ini biasanya muncul seusai melakukan pembaruan terhadap sistem operasi Android ke versi terbaru atau menggunakan custom ROM dan kemudian melakukan tweak sistem.

Untuk mengembalikan smartphone seperti sedia kala, lakukan factory reset dari recovery mode yang akan menghapus seluruh data yang tersimpan pada smartphone. Nantinya, smartphone pun akan hidup kembali dengan settingan pabrik layaknya baru. Namun, pastikan sebelum melakukan factory reset, Anda telah melakukan back up data-data penting yang tersimpan pada smartphone.

Sebelum melakukan actory reset melalui recovery mode, smartphone harus dimatikan terlebih dahulu kemudian menyalakannya kembali. Cara menyalakan tersebut dengan kombinasi tombol volume atas + volume bawah + tombol power. Namun, kombinasi tombol tersebut biasanya cukup beragam tergantung dari tipe smartphone yang dimilikinya.

Setelah masuk dalam recovery mode, carilah opsi Factory Reset dengan memanfaatkan tombol volume sebagai navigasi. Ketika menemukan opsi tersebut, gunakan tombol Power untuk melakukan eksekusi.

Rusak

Cara-Mengatasi-Smartphone-Android-yang-Mati-Total-5

Jika berbagai cara di atas belum dapat mengembalikan smartphone Anda menjadi normal, kemungkinan hardware yang mengalami masalah atau kerusakan. Segera bawa smartphone tersebut ke service center untuk memperbaiki smartphone tersebut. Namun jika tidak dapat hidup kembali, membeli smartphone baru merupakan langkah terakhirnya.

Komentar
To Top