Nasional

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Minta 3 Menteri Temukan Solusi soal Guru Honorer

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi Minta 3 Menteri Temukan Solusi soal Guru Honorer

Mixberita. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi meminta kepada Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Mentri Ristek dan Pendidikan Tinggi serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara untuk merumuskan solusi terhadap masalah guru honorer di Indonesia.

Pasalnya, persoalan guru non PNS jumlahnya membeludak dan akan menjadi persoalan besar dikemudian hari, karena persoalannya tidak kunjung tuntas.Solusi yang pertama, misalnya pengakatan secara bertahap bedasarkan angka pensiun, dibuat perencanaan berapa kebutuhan guru dalam lima tahun kedepan.

“Ketika dibuat perencanaan guru dalam lima tahun kedepan berati perguruan tinggi yang membuka kelas perguruan itu bagai mana sikapnya. Karena mereka terus menerus mencetak bibit baru (guru honorer) setiap tahun. Ini yang tidak selesai-selesai itu,” kata Dedi Mulyadi alias Kang Dedi, Selasa (2/5/2017).

unnamed_zpszesd57zm (2)

Jumlah yang keluar dan yang masuk tidak seimbang. Seperti di Purwakarta, jumlah guru honorer mencapai 4.000 orang. Jumlahnya setiap tahun terus bertambah hingga 500 orang.

“Tahun nanti jumlahnya bertambah berapa, sementara jumlah guru yang diangkat PNS di daerah bisa dihitung dengan jari karena disesuaikan dengan kebutuhan,”tuturnya.

Oleh karena itu butuh regulasi untuk mengatur itu semua. Sehingga persoalan guru honorer bisa selesai. Persoalan guru honorer tidak akan selesai-selesai jika sistemnya seperti demikian. Harus ada solusi yang dirumuskan oleh pihak-pihak yang berkewenangan. Jangan sampa sampai persoalan guru honorer masuk pada dunia politik, yang nantinya akan menjadi tambah ribet.

“Jika sudah masuk ke politik, nanti bisa jadi negara ikut ancur. Di Purwakarta untuk persoalan guru honorer ini, sudah dikunci. Guru honorer sekarang harus pakai SK bupati. Sementara awalnya guru honorer cukup pake SK kepala sekolah. Sehingga jumlahnya tidak terkendali,”kata dia.

Daftarkan diri anda secara GRATIS bersama kami MIXBOLA.COM

Nikmati promo bonus new member 10% dan bonus cashback mingguan 5% dan berbagai bonus menarik lain-nya untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami yang siap membantu anda 24 jam

To Top