Ini Bisnis atau Usaha yang Meraih Keuntungan Berlipat di Bulan Berkah Ramadan

                  
unik dan aneh

Ini Bisnis atau Usaha yang Meraih Keuntungan Berlipat di Bulan Berkah Ramadan

Deretan Bisnis yang Meraih Keuntungan Berlipat di Bulan Berkah Ramadan

HARGA-HARGA naik di bulan Ramadan memang sudah biasa. Daripada mengeluh uang belanja jadi membengkak, lebih baik bidik peluang bisnis di bulan puasa yang bisa menambah pundi-pundi.

Bisnis makanan dan busana muslim mungkin sudah biasa dan pasti banyak saingan. Jika berminat, dan sudah siap modal usaha, bisnis di ranah berikut ini layak dicoba peruntungannya.

Bisnis travel

Saat ini bisnis travel bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak perlu punya kantor, dengan modal komputer/laptop dan smartphone, sudah bisa mulai bisnis travel online. Bisanya permintaan tiket pesawat sudah naik bahkan sejak sebelum bulan Ramadan. Di sinilah peluangnya.

Namun perlu diketahui, memulai usaha travel agent berarti harus siap dengan dana segar sebagai deposit. Deposit tersebut untuk membeli jasa travel (tiket, akses, dll) dengan harga agen. Selanjutnya jual kepada pelanggan dan ambil margin dari sana.

Sewa mobil dan motor

Punya kendaraan nganggur di garasi? Kalau berencana mudik menggunakan kereta atau pesawat, kenapa tidak sewakan mobil atau motor selama musim mudik? Mulailah dari menawarkan kendaraan pada tetangga yang kira-kira membutuhkan.

Karena jumlah kendaraan tidak banyak, pasang harga di bawah pasaran untuk permulaan. Yang penting, kendaraan yang nganggur bisa mendatangkan pundi-pundi. Kecuali kalau ingin serius berbisnis di bidang ini dan berniat membeli beberapa unit setelah lebaran.

Jasa ekspedisi

Selain pusat perbelanjaan, toko-toko online juga banyak diserbu pembeli selama bulan Ramadan. Eskpedisi penuh karena paket yang harus diantarkan ke pelanggan menumpuk. Kenapa tak manfaatkan peluang ini untuk menjadi agen ekspedisi.

Dari segi permodalan, dengan Rp7 juta kita sudah bisa menjadi agen JNE. Syaratnya harus punya tempat layanan (berupa toko, ruko, atau bagian depan rumah yang disulap jadi konter), punya kendaraan (baik mobil maupun sepeda motor). Uang Rp7 juta ini termasuk Rp2 juta untuk uang administrasi dan uang jaminan keagenan Rp5 juta. Uang keagenan akan dikembalikan jika kontrak berakhir.

Sedangkan untuk menjadi agen Wahana, perlu uang administrasi keagenan sebesar Rp3 juta. Syarat-syaratnya hampir sama dengan agen JNE.

Cuci kiloan

Bisnis lain yang bisa dibidik adalah jasa laundry atau bisnis cuci kiloan. Bisa dibilang, pelanggan laundry tidak pernah sepi. Apalagi kalau dibuka di daerah padat penduduk seperti komplek atau area kampus.

Tidak mau repot-repot modal mesin cuci? Jasa agen laundry layak dicoba. Caranya orderan yang masuk diserahkan padan laundry yang lebih besar. Namun kelemahannya, kita harus siap antar jemput cucian dari dan ke laundry tersebut.

Penitipan hewan

Menjelang mudik, banyak orang yang bingung ke mana harus meniipkan hewan peliharaan. Kalau mudik dengan mobil dan jaraknya dekat, hewan peliharaan seperti kucing mungkin masih bisa dibawa. Tapi kalau harus mudik menggunakan pesawat atau kapal laut, mau tidak mau “si manis” harus dititipkan.

Di Jakarta sudah ada banyak jasa penitipan hewan. Di antaranya Meeow House, Rumah Kucing Harpa, Ririe Petshop, dan lain-lain. Tidak hanya sekedar dititipi, hewan peliharaan juga dimanjakan lho. Nah kalau di kotamu belum banyak jasa seperti ini, peluang ini layak diambil.

Komentar
To Top