luar negeri

Bertemu PM Abe, Wapres AS Tegaskan Dukungan untuk Jepang dalam Hadapi Korut

Bertemu PM Abe, Wapres AS Tegaskan Dukungan untuk Jepang dalam Hadapi Korut

Mixberita. Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence memastikan komitmen Washington untuk terus mendukung Jepang dari ancaman nuklir dan rudal Korea Utara (Korut). Ketegasan itu disampaikan Pence saat bertemu Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Tokyo, Selasa 18 April.

Pence tiba di Tokyo setelah mengunjungi Korea Selatan (Korsel). Di Negeri Ginseng, Pence menekankan aliansi AS dengan Korsel dalam menghadapi Korut.

Korut rutin mengancam akan menghancurkan Jepang, Korsel dan AS. Bahkan, Korut juga kian sering melakukan uji coba senjata rudal, terakhir pada Minggu 16 April. Di Jepang, Pence juga menegaskan bahwa “kesabaran strategis” AS terhadap Korut sudah berakhir.

“Era kesabaran strategis sudah usai. Presiden Donald Trump bertekad bekerja sama dengan Jepang, Korsel dan semua sekutu di kawasan, serta China untuk mencapai resolusi damai dan denuklirisasi semenanjung Korea,” kata Pence di Tokyo sebelum makan siang bersama Perdana Menteri Shinzo Abe, seperti dilansir Reuters, Selasa (18/4/2017).

unnamed_zpszesd57zm (2)

“Kami mengakui rakyat Jepang tinggal di tengah provokasi yang terus meluas di sekitar Laut Jepang. Kami 100 persen mendukung Anda,” imbuh Wapres AS Mike Pence.

Sebelumnya pada Senin 17 April, wakil utusan Korut untuk PBB, Kim In Ryong, menuding AS telah menciptakan “situasi di mana perang nuklir akan terjadi kapan saja.” Kim juga menyatakan bahwa Korut berhak menggelar uji coba nuklir “pada waktu dan di tempat yang diperlukan.”

Sementara itu Wakil Menteri Korut, Han Song-Ryol, kepada BBC, mengungkapkan bahwa uji coba rudal akan rutin dilakukan “setiap pekan, bulan, dan tahun.” Di sisi lain, presiden sementara Korsel, Hwang Kyo-ahn, mengatakan, pihaknya akan memperkuat persekutuan dengan AS dan bekerja sama dengan China untuk mengurung tetangganya di utara.

“Kami akan bekerja keras melindungi keutuhan wilayah dan keselamatan warga,” tegas Kyo-ahn.

AS di bawah Pemerintahan Trump sudah mengingatkan aksi militer akan dipertimbangkan untuk mengatasi persoalan Korut. Meski begitu, AS masih fokus terhadap pemberlakuan sanksi ekonomi yang lebih tegas, untuk menghindari konflik meluasnya konflik ke kawasan.

Daftarkan diri anda secara GRATIS bersama kami MIXBOLA.COM

Nikmati promo bonus new member 10% dan bonus cashback mingguan 5% dan berbagai bonus menarik lain-nya untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami yang siap membantu anda 24 jam

To Top