Nasional

Ini Beberapa Cara Kalahkan Ahok di Pilkada DKI

mixberita.com – Pesaing calon gubernur incumbent, Basuki Tjahaja Purnama memiliki beberapa cara untuk menjegal langkah Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

Menurut peneliti senior dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, Ahok dapat terkalahkan para penantangnya apabila dia tidak lagi dipercaya oleh masyarakat.

“Penantang Ahok harus menggeser kepercayaan publik yang begitu kuat kepada Ahok,” kata Karyono seperti diberitakan RMOLJakarta.com, Sabtu (28/5/2016).

Adapun caranya, ungkap dia, dengan menguakkan fakta ke publik bahwa Ahok juga punya catatan buruk. Antara lain penggusuran, pembelian lahan Rumah Sakit Sumber waras. Selain itu, reklamasi di Teluk Jakarta.

Karyono menambahkan, cara berikutnya adalah penantang Ahok harus bisa meyakinkan publik bahwa mereka lebih baik, atau minimal sama dengan Ahok.

“Menggerakkan seluruh kekuatan, baik itu mesin politik partai, relawan, dan tokoh-tokoh masyarakat,” katanya.

Selanjutnya, para kandidat penantang harus mengelola isu yang efektif dalam menurunkan kepercayaan publik kepada Ahok.

“Di sisi lain, penantang Ahok harus meng-upgrading, menaikkan popularitas, menggalang dukungan yang lebih masif di berbagai elemen masyarakat,” ujarnya.

Penantang Ahok, sebut dia, juga harus bersatu dengan mewujudkan pertarungan head to head dengan penantang Ahok yang disukai masyarakat.

Ini Beberapa Cara Kalahkan Ahok di Pilkada DKI
To Top