Selebritis

Apa itu Ujian Paket C Yang Diikuti Para Selebriti Indonesia

MixBerita.com – Sejak Senin (4/4) kemarin, seluruh pelajar tingkat akhir alias kelas XII alias kelas 3 SMA tengah disibukkan dengan Ujian Nasional (UN). UN ini digelar sebagai tahap akhir belajar mereka sekaligus salah satu penentu kelulusan. Di sela riuh UN, si cantik Aurel Hermansyah mencuri perhatian karena mengikuti Ujian Paket C di SMA Negeri 98 Kramatjati, Jakarta Timur. Lhoh, kenapa Aurel ikut Ujian Paket C?

Tentu itu adalah pertanyaan yang ada di benakmu selain ‘Kenapa Aurel tak ikut UN SMA?’ dan ‘Aurel nggak sekolah SMA dong?’ atau ‘Aurel nggak lulus UN SMA ya? Kok ambil Ujian Paket C?’. Jawaban pertama adalah putri sulung mantan pasangan Anang Hermansyah dan Krisdayanti ini memang tidak sekolah SMA. Keputusan Aurel meninggalkan bangku SMA karena dirinya terlalu sibuk dengan jadwalnya di dunia entertainment.

Tak sekolah SMA bukan berarti Aurel tak berpendidikan. Kakak kandung Azriel Hermansyah ini ternyata mengikuti pendidikan homeschooling. Bagi beberapa orang Indonesia, homeschooling masing tidak dipercaya. Padahal materi pelajaran siswa homeschooling sesuai dengan Kurikulum Nasional (KTSP) dan diberi tambahan materi psikolog untuk memotivasi siswa. Dengan jam belajar yang fleksibel, para siswa homeschooling punya banyak kesempatan mendalami bidang pelajaran sesuai minat dan potensi masing-masing.

aurel_hermansyah_-20160405-009-akrom

Aurel saat hendak mengikuti Ujian Paket C

Secara mudahnya, anak-anak homeschooling juga belajar soal bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS sama sepertimu. Karena materi yang KTSP, merekapun bisa mengikuti Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C atau mau ikut UN di sekolah formal. Bukan cuma mereka yang ikut pembelajaran Paket C saja, Ujian Paket C juga bisa diikuti mereka yang gagal di UN dan ingin mendapatkan kesempatan meraih ijazah setara SMA.

Mungkin selama ini Ujian Paket C lekat dengan pelajar yang gagal di UN karena perkembangan homeschooling belum sebesar saat ini. Yang istimewa, pembelajaran dan ujian Paket C ini tak terbatas usia lho. Kamu dengan usia berapapun asal bersedia belajar kejar paket, maka kamu bisa ikut UNPK Paket C yang digelar tiap bulan April dan Juli setiap tahunnya.

Contohnya pesinetron Stuart Collin yang sudah berusia 25 tahun dan berstatus duda anak satu mengikuti Ujian Paket C di SMA 95 Kalideres, Jakarta Barat hari Selasa (5/4). Stuart rupanya keluar di kelas tiga SMA karena kesibukan syuting dan sekarang ingin meraih ijazah Paket C yang setara SMA demi sekolah pilot. Dan jangan khawatir, ijazah Paket C bisa digunakan untuk melamar kerja bahkan menjadi PNS, pegawai swasta, TNI/Polri. Selebritis Mikha Tambayong juga salah satu peserta Ujian Paket C yang kini sudah berkuliah S1 di Universitas Pelita Harapan dan bersiap melanjutkan S2 di Belanda. Jadi, jangan malu ya!

Apa itu Ujian Paket C Yang Diikuti Para Selebriti Indonesia
To Top