Perhatian! Jangan Terlalu Sering Cuci Muka, Ini Dampaknya

images (1)
Kesehatan

Perhatian! Jangan Terlalu Sering Cuci Muka, Ini Dampaknya

                  

31 maret 2016

Mencuci wajah (Foto: Ist/ Ilustrasi)

Kulit wajah harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Hal tersebut dilakukan agar penampilan dari wajah bebas dari kotoran yang dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti jerawat, noda flek hitam, kulit berminyak atau juga kulit terbakar serta mengelupas akibat paparan sinar ultraviolet (UV) Matahari.

Beberapa orang seringkali mengambil sabun dan mencuci muka mereka untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu di luar rumah. Namun  apakah sering mencuci muka itu baik untuk kesehatan kulit wajah?

Seperti dituliskan Boldsky, mencuci muka sedikitnya empat kali dalam sehari sama sekali bukan hal yang benar (cara yang salah) untuk dilakukan. Terlebih jika Anda memiliki kulit yang kering dan berminyak.

Di sini ada beberapa aturan untuk mengikuti cara mencuci wajah. Lihatlah ketika Anda harus mencuci wajah di musim panas, karena penting untuk menjaga diri dari tetesan keringat yang menetes di kulit Anda.

Pagi
Segera setelah Anda bangun dari tempat tidur, pastikan untuk menyikat gigi dan bilas wajah Anda. Anda dapat menggunakan busa pembersih jerawat atau Anda dapat menggunakan sabun yang ringan untuk menghilangkan kotoran dari wajah Anda. Hal ini diperlukan untuk mencuci muka di pagi hari, karena akan membantu untuk membersihkan pori-pori Anda dan memberikan rasa segar.

Siang
Jika Anda memiliki kulit berminyak, wajib bagi Anda bertanya kepada seorang ahli untuk mendapatkan  busa yang diperlukan untuk merawat kulit berminyak. Jika Anda menginginkannya, cukup bilas wajah dengan air dingin. Ini akan membantu menghilangkan kelebihan minyak dari kulit, terutama dari dahi dan hidung.

Malam
Setelah Anda kembali pulang dari kerja, mandi dan bilas wajah Anda lagi. Menghapus semua kotoran dan debu dan jangan lupa untuk mengakhiri hari Anda dengan pembersih paket wajah herbal atau alami buatan untuk wajah. Di musim panas, menggunakan buah alami atau sayuran sebagai masker wajah akan membantu membuat kulit Anda terlihat cantik dan segar.

Beberapa tips yang perlu diingat agar kulit wajah lebih sehat:

Pertama, jangan pernah menggunakan face wash setiap kali Anda bilas wajah. Bahan kimia yang hadir dalam face wash dapat mengupas minyak alami dari kulit Anda, karena itu, dapat membuat kulit Anda terlihat kering dan kusam.

Kedua, jika wajah Anda tampak berminyak, gunakan toner bukan face wash untuk menghilangkan wajah berminyak. Bilas wajah Anda dengan air dingin untuk memberikan nuansa yang menyegarkan.

Ketiga, untuk kulit sensitif, air mawar adalah hal terbaik untuk digunakan bersama dengan sabun ‘bayi’ dengan kandungan susu.

Keempat, perlu dicatat, mencuci wajah  harus  kurang dari dua menit dari waktu Anda. Pastikan untuk me-lap kering wajah Anda ketika selesai.

 

Komentar
To Top