Nasional

Air Sungai di Pesantren Kediri ini Berubah Jadi Seperti Darah

mixberita.com – Warga kecamatan Pesantren, Kediri dikejutkan dengan berubahnya air sungai menjadi merah. Warga setempat serta yang melintas di jalur menuju kawasan wisata Gunung Kelud (1.731 meter di atas permukaan laut) pun panik.

Pemerintah Kota Kediri akan menelusuri penyebab warna air sungai di Kecamatan Pesantren berubah menjadi merah. “Kami masih akan cek ke lokasi guna mengetahui penyebab pastinya,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Kediri Apip Permana di Kediri, Rabu (27/4).

Warga tidak mengetahui secara persis penyebab air sungai menjadi merah darah. Binti, salah satu warga sempat kaget sebab perubahan warna sungai itu baru kali ini terjadi.

“Kalau penyebabnya bisa jadi limbah, tapi asalnya dari mana, saya tidak tahu,” kata Binti. “Selama di daerah sini, saya juga baru tahu ini ada perubahan warna sungai sangat merah seperti darah.”

Perubahan warna sungai itu terjadi dari arah sungai mulai dari timur terjadi siang hari. Namun, belum jelas asal dari penyebab perubahan warna air sungai itu. Warga juga tidak mencium bau yang menyengat dari sungai ketika air berubah menjadi merah.

Di lokasi Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, terdapat sejumlah perusahaan misalnya ada pabrik gula, ada industri rumahan pengolahan bekicot. Namun, selama ini belum pernah diketahui dari industri itu mengeluarkan warna seperti darah itu.

Binti berharap, pemerintah daerah segera melakukan penelitian asal perubahan warna itu. Jika warna itu ternyata dari limbah dan berbahaya, masyarakat tentunya menjadi korban. “Harapannya segera diteliti, penyebabnya apa, agar kami pun juga tahu,” kata Binti.

Air Sungai di Pesantren Kediri ini Berubah Jadi Seperti Darah
To Top