Travel

Ini 6 Tips Charge Smarphone dengan Cepat

MixBerita.com – SAAT ini banyak perusahaan smartphone yang membuat smartphonenya dengan fitur Quick Charging, namun tentu saja sebagian dari kita juga masih banyak pula yang belum memakai smartphone versi terbaru. Lantas, bagaimana caranya men-charge baterai HP dengan cepat dan benar ya?

Berikut Adalah Tips Charge Baterai HP Dengan Cepat dan Benar

1. Gunakan Charger Asli Smartphone
Anda pasti sudah mengetahui resiko mencharge smartphone menggunakan charge hp lain. Meskipun kepala charge yang dipakai sama, namun tentu saja beda charge, beda ampere. Bisa jadi charger asli Anda membutuhkan 15 watt saat men-charge namun Anda memakai charger lain yang hanya memiliki 10 watt saja. Hal ini akan memberikan risiko baterai smartphone jebol dan cepat menggembung. Tentu saja tidak bisa men-charge dengan cepat karena kekuatan charger palsu Anda kurang dari charger asli.

2. Masuk ke Mode Airplane
Semakin jarang Anda menggunakan smartphone, semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk men-charge hp-nya. Jadi, Anda bisa aktifkan mode airplane untuk mempercepat waktu charge smartphone. Pastinya sudah tahu kan bagaimana cara mengaktifkan mode airplane? Kalau di Android KitKat, Anda bisa mengaktifkan airplane mode dengan cara memencet tombol power dan di bawah Power Off ada Airplane Mode. Sementara di Android Lollipop, Anda bisa buka notification bar dan menemukan ikon Airplane Mode di sana.

3. Gunakan Power Saving Mode
Beberapa smartphone dibuat dengan fitur power saving mode di dalamnya. Bagi smartphone keluaran Sony, Anda akan menemukan Power Saving Mode di menu Settings > Power Management. Anda juga bisa gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan power saving mode seperti Clean Master.

4. Matikan Fitur yang Tidak Terpakai
Dalam smartphone, kadang ada fitur yang tidak terpakai namun tetap aktif. Hal inilah yang menjadi penguras ketahanan baterai Anda. Jika Anda ingin men-charge baterai smartphone, cek dulu smartphone Anda dan matikan fitur-fitur yang tidak Anda gunakan saat sedang men-charge seperti Wi-Fi, Paket data, Bluetooth, dan lain sebagainya. Hal ini akan menambah cepat waktu yang diperlukan untuk men-charge.

5. Jangan Sentuh Smartphone!
Jika tidak penting-penting amat, tidak usah mainin smartphone Anda. Karena semakin Anda mengaktifkan layarnya, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk men-charge smartphone Anda. Seperti yang kita ketahui, layar yang aktif merupakan salah satu komponen utama mengapa baterai cepat habis. Jadi sebaiknya jangan tergoda untuk menyentuh smartphone demi kelangsungan charging smartphone itu sendiri.

6. Matikan Smartphone
Jika Anda memang sudah tidak tahan dan ingin buru-buru memainkan smartphone saat sedang di-charge, langkah terakhir adalah matikan smartphone dan beralih ke hal lain sehingga Anda tidak terusik lagi dengan lampu notifikasi ataupun bunyi-bunyi yang berasal dari smartphone Anda.

Ini 6 Tips Charge Smarphone dengan Cepat
To Top