Nasional

50 Persen Bencana di Dunia Terjadi di ASEAN

mixberita.com – WORLD Humanitarian Summit (WHS) akan resmi dibuka Senin (23/5) di Istanbul, Turki. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangiley mendapat tempat istimewa dalam ajang tersebut. Dia dipercaya untuk memimpun delegasi ASEAN.

“Kita (ASEAN), khususnya Indonesia akan memanfaatkan forum ini untuk memberi kontribusi bagi penanganan masalah kemanusiaan, dan memperjuangkan kepentingan Indonesia di WHS,” kata Willem di Hotel Ritz Carlton Istanbul, kemarin (22/5).

Willem akan didampingi Sekjen ASEAN Le Luong Minh memimpin informal ASEAN  Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM) untuk mempersiapkan Kesepakatan Bersama ASEAN yang akan disampaikan pada WHS.

Kegiatan tersebut dihadiri pejabat senior dari Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Dalam satu dasawarsa terakhir, ASEAN berhasil menjadi kawasan yang stabil dan maju ekonominya.

“ASEAN sudah jadi model kerjasama kawasan dan pemain kunci di tingkat global,” tuturnya.

Di samping kemajuan-kemajuan itu, ASEAN juga menghadapi tantangan bencana alam dan konflik. “50 persen bencana di dunia terjadi di kawasan ASEAN,” ungkapnya.

Semua itu merupakan potensi bencana  kemanusian. Bahkan, yang paling parah itu bisa  menghancurkan ekonomi.

“ASEAN perlu memperkuat kerjasama kawasan untuk mengantisipasi kejadian tak terduga dan turut mewarnani solusi kemanusian global,” katanya.

WHS digagas oleh Sekjen PBB Ban Ki Moon dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, menyusul krisis kemanusiaan terjadi berbagai belahan dunia.

50 Persen Bencana di Dunia Terjadi di ASEAN
To Top