Nasional

1 Juni Ratna Sarumpaet Galang Massa Untuk Turunkan AHOK

mixberita.com – Pegiat HAM sekaligus aktivis perempuan, Ratna Sarumpaet, akan memanfaatkan momen hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2016 mendatang dengan menggelar ‘sidang rakyat untuk Ahok’ di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tujuannya tak lain adalah untuk mendesak KPK agar memakaikan ‘rompi orange’ kepada Ahok.

Ratna mengklaim akan menggandeng beberapa elemen masyarakat seperti Gerakan Tangkap Ahok (GTA), Aliansi Masyarakat Jakarta Utara (AMJU), buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pimpinan Said Iqbal, dan Orang Kita yang diinisiatori Ahmad Dhani.

Menanggapi hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, mempersilakan Ratna Cs melakukan aksi tersebut. Namun, pihaknya berharap aksi tersebut tidak menimbulkan kericuhan seperti aksi yang dilakukan massa HMI yang menuntut Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mundur.

“Silakan melakukan aksi, tapi kita tak mau aksi tersebut nantinya ricuh (seperti aksi HMI). Kita tidak mau hal tersebut terjadi, tapi kenyataan di lapangan beda dengan apa yang ada di atas meja,” ujar Awi, Senin (23/5), dikutip dari rimanews.

Untuk diketahui, Kapolda beserta jajarannya hari Senin kemarin melakukan pertemuan guna membahas aksi unjuk rasa agar tidak berujung anarkis. Termasuk rencana pengamanan aksi Ratna Sarumpaet Cs pada tanggal 1 Juni mendatang.

“Maksudnya pencegahan dari polisi, bagaimana menghadapi massa yang anarkis, tentu tahapan-tahapannya harus diperjelas. Sejauh mana toleransi dan eskalasinya sedang dibahas pagi hari ini,” pungkas Awi.

1 Juni Ratna Sarumpaet Galang Massa Untuk Turunkan AHOK
To Top